Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Mahfud MD Berambut Merah, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com. mendapati klaim foto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berambut merah.

Foto Mahfud Md berambut merah diunggah akun Facebook Wensda Febraldy, pada 10 November 2020.

Foto yang diungga menampilkan seorang berwajah Mahfud Md dengan rambut panjang lusur berwarna merah, mengenakan kaous hitam dan penutup kepala.

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Dasar netijen.+62..

Please welcome Duff mcfudd

Pada bass...😆😆"

Benarkah foto Mahfud Md berambut merah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud Md berambut merah, dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud Md berambut merah

Penelusuran mengarah pada situs id.pinterest.com, situs tersebut memuat foto yang identik dengan foto Mahfud MD berambut merah. Namun, pada bagian wajah bukanlah wajah Mahfud MD.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud Md berambut merah

 

 

 Adapun kesamaan foto Mahfud MD berambut merah dengan foto pada situs id.pinterest.com adalah, penutup kepala, rambut, kalung dan kaus hitam yang dikenakan.Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud Md berambut merah

Situs id.pinterest.com menyebutkan, sosok dalam situs tersebut adalah Axl Rose, musisi dan vokalis Guns N' Roses.

 Penelusuran foto bagian muka

Penelusuran dilanjutkan dengan menjadikan muka Mahfud MD yang digunakan sebagai klaim foto, penelusuran dilakukan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud Md berambut merah

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Mahfud MD: Penetapan Status Tersangka Sudarto Memenuhi Syarat" yang dimuat situs jawapos.com, pada 8 Januari 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud Md berambut merah

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud Md berambut merah

Artikel situs jawapos.com memuat foto Mahfud MD yang ekspresi wajahnya identik dengan klaim foto Mahfud MD berambut merah.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto Mahfud Md berambut merah tidak benar.

Sosok berambut merah sebenarnya dalam foto tersebut adalah Axl Rose. Foto tersebut telah mengalami editan pad bagian wajah yang diganti dengan wajah Mahfud MD.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.