Sukses

Tips Membedakan Situs Berita Asli dan Hoaks

Informasi palsu atau hoaks banyak tersebut lewat pesan berantai, gambar, dan pemberitaan situs abal-abal.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam mendapatkan informasi. Namun tak semua informasi yang beredar di media sosial adalah fakta.

Banyak informasi yang ternyata adalah palsu atau hoaks. Berdasarkan catatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), 1028 hoaks terkait Covid-19 ditemukan selama Agustus 2020.

Informasi palsu ini di antaranya disebarkan lewat pesan berantai, gambar, dan pemberitaan situs abal-abal. Pengguna media sosial wajib waspada terhadap penyebaran hoaks ini, khususnya lewat sebuah pemberitaan.

Penting untuk bisa membedakan situs berita asli dan abal-abal agar tidak termakan hoaks. Berikut beberapa caranya seperti dirangkum Cek Fakta Liputan6.com:

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cek Alamat Situsnya

Sebuah situs pemberitaan biasanya menggunakan domain yang resmi dan terdaftar. Misalnya .com, .co.id, .id, dan sebagainya.

Perhatikan juga nama situsnya. Kebanyakan situs abal-abal menggunakan nama atau istilah yang bombastis.

Cara mengindentifikasi sebuah situs bisa lebih jelas lagi dengan mengecek di situs whois. Layanan whois akan menjabarkan secara rinci semua informasi mengenai pembuatan situs.

 

3 dari 5 halaman

Cek Alamat dan Nomor Telepon

Memeriksa kontak situs merupakan cara termudah kedua yang bisa dilakukan sendiri oleh masyarakat. Dalam sebuah situs terverifikasi, jenis kontak berupa email, alamat kantor, hingga nomor telepon biasa tercantum.

Singkat kata, situs yang menutupi identitasnya, apa pun kontennya, patut dicurigai sebagai situs berita palsu atau situs penipuan.

 

4 dari 5 halaman

Cek Gambar yang Menjadi Pelengkap Berita

Gambar juga sering kali membuat orang cepat percaya dengan sebuah informasi. Padahal belum tentu sesuai dengan fakta.

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa menelusurinya dengan menggunakan beberapa tools. Misalnya Google Image, Yandex, atau TinEye.

Caranya dengan mengunggah foto yang ingin kita ketahui sumbernya. Tools-tools tersebut akan menunjukkan semua foto yang sama, sehingga kita dapat mengetahui situs mana yang pertama kali mengunggah foto tersebut.

 

 

5 dari 5 halaman

Cari Perbandingan

Membanding sebuah informasi di situs tertentu dengan informasi yang sama di situs lain adalah salah satu cara mengidentifikasi hoaks. Tentunya, harus membandingkannya dengan berita di situs-situs terpercaya.

Situs media arus utama bisa menjadi rujukan untuk mencari informasi yang valid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.