Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Rumah Puan Maharani Dibakar Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi rumah Ketua DPR Puan Maharani dibakar mahasiswa.

Informasi  rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa diunggah akun Facebook Muhammad Jusuf Sirait, pada 8 Oktober 2020.

Unggahan tersbut berupa tautan YouTube berjudul " Diduga pendemo bakar rumah puan maharani". Dalam video tersebut menayangkan sejumlah orang menyerang sebuah bangunan dan terlihat konaram api di area bangunan tersebut.

Unggahan tautan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Adek adek mahasiswa ini bener2 nekad, diduga rumah puan yg dibakar...

Gawat adek adek mahasiswa ini. Hati hati kawan2 DPR"

Benarkah informasi rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Sudut Gedung DPRD Kota Malang yang Viral Dipanjat Demonstran" yang dimuat situs news.detik.com, pada 9 Oktober 2020.

Artikel situs situs news.detik.com memuat cuplikan foto yang identik dengan video klaim rumah Puan Maharani dibakar pendemo.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa

Artikel situs news.detik.com menyebutkan, video tersebut adalah kericuhan yang terjadi di depan kantor DPRD Kota Malang, saat aksi demo menolak Omnibus Law, Kamis (8/10/2020).

Pendemo bertindak anarkis dengan melempar batu, botol dan benda-benda lain ke arah Gedung DPRD Kota Malang. Mereka juga memanjat pagar gedung dan merusak fasilitas di dalamnya.

Massa aksi sendiri merupakan perwakilan mahasiswa dan buruh se-Malang Raya. Mereka tiba di depan Gedung DPRD Kota Malang sekitar pukuk 10.00 WIB. Penjagaan ketat diberikan aparat keamanan. Menjelang tengah hari, kericuhan mulai terjadi, dipicu pendemo yang melempar batu, botol dan benda-benda lain ke arah Gedung DPRD.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa tidak benar.

Bangunan yang diserang dan dibakar tersebut bukan rumah Puan Maharani, tetapi kantor DPRD Kota Malang.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.