Sukses

Cek Fakta: Hoaks Oleskan Kunyit pada Kuku Bisa Mendeteksi Masalah Pencernaan

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang cara mengetahui adanya masalah pencernaan melalui kuku jari yang diolesi kunyit beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Gallery SEHAT pada 19 Agustus 2020.

Akun Facebook Gallery SEHAT mengunggah gambar tangan seseorang yang kuku jarinya sudah diolesi kunyit. Dalam gambar tersebut berisi narasi sebagai berikut:

Cek Pencernaanmu Sehat/tidak?

Oleskan beberapa kali kunyit di kukumu Lalu coba bersihkan!

Jika hilang warna kuningnya dari kukumu berarti pencernaanmu bermasalah.

Jika tetap kuning kukumu setelah dibersihkan, insyaAllah pencernaanmu sehat

@zaidulakbar@la_frella2005

"MasyaaAllah.. Bisa dicoba ini tipsnya ☺️

Gallery SEHAT

Sekalian Mimin Gallery SEHAT mau ucapin Selamat Tahun Baru Hijriah 1442 💚 semoga tahun ini kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi..

aamiin

Baarakallahu fiikum..," tulis akun Facebook Gallery SEHAT.

Konten yang disebarkan akun Facebook Gallery SEHAT telah 224 kali dibagikan dan mendapat 10 komentar warganet.

Lalu benarkah mengolesi kunyit di kuku jari sebagai pertanda ada masalah kesehatan?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang cara mengetahui masalah pencernaan melalui kuku jari yang diolesi kunyit. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP.

Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu mengungkapkan, kuku menguning karena kunyit tidak menandakan permasalahan pencernaan.

"Itu kabar hoaks," tutur dr Ari kepada Liputan6.com, Jumat (2/10/2020).

Penelusuran selanjutnya dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "mengolesi kunyit di kuku dan permasalahan pencernaan".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kuku yang bisa mendeteksi penyakit pada tubuh. Adalah artikel berjudul "Coba Cek Kukumu, Kalau Ada Perubahan Ini Tandanya Ada yang Nggak Beres" yang dimuat situs detik.com pada 26 Juli 2018 lalu.

Jakarta - Beberapa organ tubuh kita bisa memperlihatkan adanya masalah yang terjadi di tubuh, salah satunya kuku. Ternyata kuku sangat erat kaitannya dengan seberapa baik fungsi tubuh.

"Untuk populasi umum, kesehatan kuku paling sering merupakan indikator asupan gizi yang buruk atau pencernaan yang buruk," kata dr Sara Norris, dokter naturopati dari di Los Angeles dikutip dari Health Line.

Kuku yang dianggap sehat adalah kuku yang halus tanpa perubahan warna, tetapi jika ada sesuatu yang salah dengan tekstur dan warna kukumu, bisa saja terjadi masalah pada tubuh.

1. Kuning

Biasanya kuku bisa berubah menjadi warna kuning, tapi bukan karena kunyit ya. Percaya atau tidak, kuku yang berubah menjadi kuning bisa jadi merupakan indikasi adanya infeksi atau reaksi pada produk yang digunakan, misalnya cat kuku.

Agar infeksi tidak semakin parah, sebaiknya minum multivitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Garis-garis hitam

Kadang di kuku muncul garis-garis hitam yang kita tidak tahu dari mana asalnya. Penyebabnya mungkin adalah trauma di kuku yang mungkin disebabkan adanya benturan dengan keras yang tidak kita sadari. Garis-garis hitam itu adalah hasil dari peradangan pembuluh darah di bawah kuku dan akan hilang dengan sendirinya seiring waktu.

3. Bintik-bintik putih

Siapa yang masih percaya kalau ada bintik putih di kuku tangan kanan tandanya ada yang suka kita? Atau kuku tangan kiri tandanya ada yang benci kita. Itu hanya hoax belaka.

Padahal bintik-bintik putih itu menandakan bahwa tubuh kekurangan zat seng. Namun ada kemungkinan lain yang bisa ditandai dengan bintik-bintik putih di kuku, yaitu reaksi alergi, infeksi, atau cedera pada kuku.

4. Tidak ada kuku putih di ujung

Hampir semua orang di bagian ujung kuku yang tidak menempel dengan daging itu berwarna putih. Nah kalau kamu tidak menemukannya di ujung kukumu pun sebenarnya tidak masalah.

Tapi, jika sebelumnya ada namun perlahan-lahan menghilang, berarti ada yang tidak beres. Mungkin saja disebabkan karena adanya malnutrisi, depresi, atau anemia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang cara mengetahui adanya masalah pencernaan melalui kuku jari yang diolesi kunyit ternyata tidak benar.

Dokter spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP menyebut kuku menguning karena kunyit tidak menandakan permasalahan pencernaan.

 

 

(Indah Suci Safitri)

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS