Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Bill Gates Keluarkan Kutipan Ini soal Vaksin

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial Instagram kutipan dari Bill Gates soal vaksin. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan kemarin.

Salah satu yang membagikannya adalah akun @mattlawsonphotography di Instagram. Ia mempostingnya pada Kamis (24/9/2020) dan telah mendapat 949 likes dan lebih dari 150 komentar sejauh ini.

Dalam postingannya terdapat wajah Bill Gates dengan potongan kalimat "only the people who have all the vaccines will still be able to move freely" atau dalam Bahasa Indonesia "hanya orang yang memiliki semua vaksin yang masih bisa bergerak bebas"

Selain itu dalam postingan tersebut juga disertai narasi "An actual quote from Bill Gates. Despicable, disgusting and disgraceful." atau dalam Bahasa Indonesia, "Kutipan sebenarnya dari Bill Gates. Tercela, menjijikkan, dan memalukan."

Lalu benarkah Bill Gates mengeluarkan kutipan soal vaksin seperti dalam postingan itu?

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dan menemukan artikel dari AAP Fact Check berjudul "Bill Gates didn’t say only the vaccinated would be free to move" yang tayang 29 September 2020.

Dalam artikelnya AAP Fact Check menjelaskan kutipan dari Bill Gates soal vaksin seperti positingan tidak ditemukan dari sumber terpercaya,

Dalam beberapa kesempatan seperti dalam video Youtube berjudul "The Truth About Vaccines Docu-Series: Episode 9" Bill Gates memang berbicara soal vaksin (menit ke-58, detik ke-47). Namun tidak ada kalimat dari Gates seperti kutipan di atas.

Selain itu pada Maret 2020, ada juga wawancara Bill Gates dengan TedTalk. Dalam video tersebut pada menit ke-33 dan detik ke-25, Gates menjawab pertanyaan tentang tes covid yang mendeteksi orang yang telah terinfeksi, dan peran apa yang dapat dimainkan tes tersebut dalam perawatan kesehatan setelah orang mencapai kekebalan terhadap virus.

"Pada akhirnya, yang harus kita miliki adalah sertifikat siapa yang sudah sembuh, siapa yang divaksinasi, karena Anda tidak ingin orang berpindah ke seluruh dunia dan pergi ke tempat yang belum bisa mengontrol penyakit ini. Namun sayangnya, kita tidak punya kemampuan untuk menghalangi orang pergi dan kembali lagi," ujarnya.

AAP juga menghubungi Bill dan Melinda Gates Foundation. Melalui email, juru bicara Bill dan Melinda Gates Foundation menegaskan Bill Gates tidak pernah mengeluarkan kutipan seperti postingan di Instagram.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kutipan Bill Gates soal vaksin dari postingan di Instagram adalah hoaks. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.