Sukses

Cek Fakta: Waspada Penipuan, Bagi-Bagi Handphone dan Uang Catut Lazada di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Bagi-bagi hadiah handphone dan uang tunai yang diklaim dari Lazada viral di media sosial. Konten tersebut disebarkan akun Facebook Pyo pada 13 September 2020 lalu.

Akun Facebook Pyo mengunggah narasi yang mengklaim bahwa Lazada membagikan hadiah handphone dan uang. Berikut narasinya:

"SELAMAT MALAM SEMUA ūüėä...

Lazada Indonesia Lagi Ngadain Give Away

Spesial Loh Bulan September Ini..

PEMBENGKAN HADIAH..

SAMSUNG A20s

UANG TUNAI Rp.150

2 BOX MISTERIUS

Syaratnya: P sebanyak-banyaknya

Lalu hubungi whatsapp dibawah ini+62 895-3360-36246

Jika Ada Yang Minta Ongkir Itu Bukan Dari Kami..

Give Away 100% GRATISSS...

#LAZADAINDONESIA," tulis akun Facebook Pyo.

Konten yang disebarkan akun Facebook Pyo telah 1 kali dibagikan dan mendapat 798 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar bagi-bagi handphone dan uang yang diklaim dari Lazada. Kepada Liputan6.com, Lazada Indonesia membantah kabar tersebut.

Lewat pernyataan resminya, Lazada Indonesia hanya mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya. Akun-akun resmi milik Lazada, adalah:

- Lazada Indonesia di Facebook

- Twitter @lazaadaid

- Instagram @lazada_id

- YouTube Lazada Indonesia

- Line Lazada Indonesia

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar bagi-bagi handphone dan uang yang diklaim dari Lazada ternyata tidak benar alias hoaks. Lazada hanya menggelar kuis lewat akun media sosial resmi milik mereka. Bagi-bagi hadiah mencatut Lazada diduga merupakan modus penipuan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.