Sukses

Hati-hati Akun Facebook Mengatasnamakan Istri Gubernur Jabar Atalia Praratya

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di Facebook akun palsu yang mengatasnamakan istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya. Akun tersebut mulai aktif sejak pekan lalu.

Dalam akun tersebut memasang nama dan foto seperti pada akun asli Atalia Praratya. Namun followers dalam akun tersebut tidak sebanyak akun asli Atalia Praratya yang punya pengikut hingga 188.566 hingga saat ini.

Selain itu akun tersebut juga menggunakan fitur chat pada Facebook untuk berkomunikasi. Atalia Praratya sendiri dalam akun Facebooknya telah mengunggah klarifikasi terkait akun tersebut.

Berikut isi postingan Atalia Praratya pada 16 September 2020:

"Gengsss.. Hati2 akun palsu saya sedang beraksi..Fotonya persis sama..Cara ngeceknya, lihat saja mana yg followers dan pertemanan yang lebih banyak, itulah akun asli. Satu lagi, saya tdk install messenger. Tdk pernah chat via inbox..Hati hati yaaa...

#sicinta

Ayo laporkan rame rameee.. Kita usut tuntas. Penjarakan kl perlu"

2 dari 3 halaman

Postingan Humas Jawa Barat

Selain itu akun Humas Jawa Barat di Instagram, @humas_jabar yang telah bercentang biru atau terverifikasi juga memposting masalah akun Facebook palsu tersebut.

Berikut isi postingannya:

"Akun Facebook Mengatasnamakan Ibu Atalia Praratya.

[IMPOSTER CONTENT] Berdasarkan hasil pemantauan Tim Jabar Saber Hoaks. Beredar akun Facebook yang mengatasnamakan Ibu Atalia Praratya..

[CEK FAKTA]Faktanya akun Facebook yang menggunakan nama dan foto yang sama denga Ibu Atalia Praratya tersebut adalah merupakan akun palsu..Mengutip dari pernyataan Ibu Atalia Praratya di akun Facebook pribadinya..Gengsss...Hati2 akun palsu saya sedang beraksi..Fotonya persis sama...Cara ngeceknya, lihat saja mana yg followers dan pertemanan yang lebih banyak, itulah akun asli.Satu lagi, saya tdk install messenger. Tdk pernah chat via inbox...Hati hati yaaa....#sicintaAyo laporkan rame rameee..Kita usut tuntas. Penjarakan kl perlu"

[REFERENSI]https://bit.ly/35Xx0Tp"

 
 
 
View this post on Instagram

Akun Facebook Mengatasnamakan Ibu Atalia Praratya . [IMPOSTER CONTENT] Berdasarkan hasil pemantauan Tim Jabar Saber Hoaks. Beredar akun Facebook yang mengatasnamakan Ibu Atalia Praratya. . [CEK FAKTA] Faktanya akun Facebook yang menggunakan nama dan foto yang sama denga Ibu Atalia Praratya tersebut adalah merupakan akun palsu. . Mengutip dari pernyataan Ibu Atalia Praratya di akun Facebook pribadinya. . Gengsss.. . Hati2 akun palsu saya sedang beraksi.. Fotonya persis sama.. . Cara ngeceknya, lihat saja mana yg followers dan pertemanan yang lebih banyak, itulah akun asli . Satu lagi, saya tdk install messenger. Tdk pernah chat via inbox.. . Hati hati yaaa... . #sicinta Ayo laporkan rame rameee.. Kita usut tuntas. Penjarakan kl perlu [REFERENSI] https://bit.ly/35Xx0Tp . . . #JabarKita #JabarJuaraLahirBatin #AdaptasiKebiasaanBaru Infografis by @jabarsaberhoaks . . #banggajadiwargajabar #jawabarat #jabar #HumasJabar #gedungsate #westjava #RidwanKamil #UuRuzhanulUlum #2TahunJabarJuara #2TahunTetapTangguh #100TahunGedungSate #75TahunJabar #JabarSehatLahirBatin #JabarTanggapCovid19 #jabarsaberhoaks

A post shared by #75TahunJabar (@humas_jabar) on

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.