Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Penampakan Tuyul di Depan Konter Handphone

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklalim sebagai penampakan tuyul di depan konter handphone beredar di media sosial. Video ini disebarkan akun Facebook Riski Chebol pada 16 September 2020.

Dalam video berdurasi 7 detik itu, tampak empat orang sedang berbincang di depan konter handphone. Sekilas, ada mahluk bertubuh kecil melintas di depan konter handphone itu.

Video itu kemudian dikaitkan dengan penampakan tuyul di depan konter handphone.

"Penampakan tuyul di konter HP," tulis akun Facebook Riski Chebol.

Video penampakan tuyul yang diunggah akun Facebook Riski Chebol telah 92 kali ditonton dan mendapat 3 respons dari warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklalim sebagai penampakan tuyul di depan konter handphone. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "video penampakan tuyul konter handphone".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Viral Hoaks Penampakan Tuyul di Depan Konter HP, Karyawan Beberkan Fakta yang Sebenarnya" yang dimuat situs tribunnews.com pada 19 September 2020.

TRIBUNNEWS.COM - Video yang memperlihatkan suasana di depan sebuah konter HP mendadak viral di media sosial.

Hal yang membuat heboh, rekaman ini disebutkan merupakan video penampakan tuyul. Tak heran warganet dibuat geger dengannya.

Berdasarkan penelusuran Tribunnews, video tersebut disebarkan oleh sejumlah akun di berbagai platform media sosial. Seperti akun makassar_iinfo yang membagikan video ini.

Tertulis dalam video "Rekaman kamera CCTV sosok misterius mirip tuyul".

Hingga Sabtu (19/9/2020), unggahan tersebut telah ditonton sebanyak lebih 450 ribu kali dan menuai berbagai komentar dari warganet.

Berdasarkan hasil penelusuran Tribunnews, video viral diketahui berasal dari sebuah konter HP bernama Centra Perdana yang berlokasi di Jl. S. Parman, Ungaran, Genuk, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Seorang karyawan Centra Perdana, Isnaen menceritakan, rekaman tersebut diambil pada 7 September 2020 yang lalu.

Video Dan mulai tersebar luas di masyarakat pada 15 September 2020. Isnaen mengaku kaget dengan tersebarnya video yang disebut penampakan tuyul ini.

"Saya awalnya diberi tahu ponakan, saya kaget dan khawatir akan timbul efek negatif."

"Karena caption yang tidak benar dan video yang sudah diedit dengan tujuan tidak benar, yang akhirnya membuat resah," ujarnya kepada Tribunnews, Sabut (19/9/2020).

Isnaen menyebut, video yang diberikan narasi salah, merugikan berbagai pihak.

"Kasian anak orang disangka tuyul. Kasihan yang punya warung dianggap ada klenik atau pesugihan," imbuhnya.

Isnaen kemudian menceritakan kronologi mulai tersebarnya video tersebut.

Awalnya, video ini diambil untuk mengecek transaksi pembeli saat itu.

Kemudian, ada seorang pegawai lain menjadikan rekaman tersebut sebagai story WhatsApp.

"Nah dari situ ternyata ada kontak yang nge-save dan diedit macem-macem," beber Isnaen.

Isnaen sendiri tidak tahu siapa orang tidak bertanggungjawab yang sengaja mengedit dan menyebar video dengan keterangan penampakan tuyul.

Sedangkan yang disebut sebagai tuyul merupakan anak kecil yang sedang berlari.

Isnaen menyebut, anak tersebut bersama orang tuanya sedang makan.

"Sebelah emang warung makan. Jadi itu anak sama orang tuanya lagi makan di warung sebelah. Terus lari-larian sampai depan toko," imbuhnya.

Isnaen berharap, akun-akun yang menyebarkan video dengan narasi tak benar untuk dihapus.

"Harapan saya dari beberapa akun yang sudah posting video tersebut bisa menghapus video."

"Dan bisa klarifikasi dengan video yang benar bahwa tidak ada hal aneh di video," tandasnya.

Liputan6.com juga menemukan akun Instagram yang membantah bahwa video tersebut adalah penampakan tuyul di depan konter handphone. Adalah akun Instagram @fath7027 yang menjelaskan kejadian sebenarnya dalam video tersebut.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun Instagram @fath7027

Selain itu, akun Instagram @fath7027 juga mengunggah video serupa. Tidak ada penampakan tuyul dalam video tersebut.

"Dalam rekaman cctv ini tidak ada hal yang aneh,. Tidak terjadi keanehan apapun.

Video ini saya posting untuk menanggapi video yang terlanjur viral dengan caption negativ.

Ada oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengedit video. Dan akhirnya menjadikan keresahan.

Kasihan anak orang yang disangka aneh2, kasihan juga yang punya toko bisa berdampak negativ bagi usahanya.

Dimohon akun2 @indozone.id @makassar_iinfo @infocegatansolo yang masih posting video editan dengan caption negativ, untuk segera menghapusnya.Trimakasih 🙏," tulis akun Instagram @fath7027.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklalim sebagai penampakan tuyul di depan konter handphone ternyata tidak benar. Sosok mahluk kecil berlarian dalam video tersebut adalah seorang anak kecil. Tidak ada penampakan tuyul dalam video itu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.