Sukses

Informasi Kesehatan Salah yang Beredar di Dunia Maya Dalam Sepekan

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi yang beredar di dunia maya untuk membuktikan kebenarannya, salah satu informasi yang kerap muncul adalah terkait dengan kesehatan.

Namun, tidak semua informasi kesehatan yang beredar di dunia maya benar, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pun menyimpulkan ada informasi yang salah dan dapat menyesatkan penerimanya.

Berikut informasi kesehatan yang salah hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam sepakan:

1. Minum Air Rebusan Daun Sirsak Bisa Sembuhkan Kanker Getah Bening

Klaim tentang meminum air rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan kanker kelenjar getah bening beredar di media sosial, unggahan tersebut berupa foto daun sirsak dan keterangan cara membuat air rebusan daun sirsak untuk menyembuhkan kanker kelenjar getah bening.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang meminum air rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan kanker kelenjar getah bening ternyata tidak benar.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP tidak menyarankan meminum air rebusan daun sirsak untuk menyembuhkan kanker kelenjar getah bening.

2. 12 Makanan Dilarang Dikonsumsi Bersamaan karena Berbahaya bagi Kesehatan

Klaim tentang 12 makanan yang dilarang dikonsumsi bersamaan beredar di media sosial. Klaim tersebut berupa  gambar 12 makanan yang dilarang dikonsumsi bersamaan karena dianggap berbahaya bagi kesehatan.

Pertama adalah larangan mengonsumsi susu kedelai dengan telur, kedua memakan daging dengan semangka. Ketiga menyantap udang dengan jus jeruk.

Keempat mengonsumsi kepiting dengan teh, kelima memakan sayur bayam dengan kedelai. Terakhir dilarang menyantap mi instan dengan coklat.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang 12 makanan yang dilarang dikonsumsi bersamaan karena dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh ternyata tidak benar.

Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB dan juga Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof, Dr Hardinsyah, MS membantah informasi tersebut. Ia menyebut bahwa kabar tersebut adalah hoaks.

3. Kunyit Putih hingga Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker Payudara

Klaim tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu dapat menyembuhkan kanker payudara beredar di media sosial. Klaim tersebut berupa  narasi yang berisi resep alami yang diklaim mampu menyembuhkan kanker payudara akibat efek samping kemoterapi yang mampu membuat kondisi pasien lemah.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu dapat menyembuhkan kanker payudara ternyata tidak benar.

Dokter Onkologi dari Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Walta Gautama, Sp.B(K) Onk menyebut tidak ada bukti klinis untuk mendukung klaim tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.