Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Anies Sedang Uji Coba Sepeda Masuk Tol

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapat informasi berupa klaim foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang uji coba sepeda masuk tol.

Klaim foto AniesĀ sedang uji coba sepeda masuk tol tersebut diunggah akun Facebook Papahe Sheshalita, pada 29 September 2020.

Unggahan tersebut berupa foto Anies bersepeda lepas tangan di jalan tol.

Kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"#HIBURANTAHAP UJI COBASEPEDA MASUK TOL šŸš“āž”ļø

MAAF TIDAK BERMAKSUD BIKIN KELOJOTAN DAN KEPANASAN..ā€¼ļø

šŸ™šŸ™šŸ‘‰Gambar sekedar Meme

Mengapresiasi Program šŸš“ Anies"

Benarkah Klaim foto Anies sedang uji coba sepeda masuk tol? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Ā 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto AniesĀ sedang uji coba sepeda masuk tol,Ā dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Ā 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Klaim foto Anies uji coba sepeda masuk tol

Ā 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Ini Batas Kecepatan Kendaraan di Jalan Tol, Melanggar Kena Denda Rp 500.000" yang dimuat situs otomotif.kompas.com, pada 24 Juli 2020.

Pada artikelsitus otomotif.kompas.com memuat foto yang identik dengan latar belakang klaim foto Anies sedang uji coba bersepeda di jalan tol, dengan keterangan sebagai berikut:

"Honda CR-V saat menjajal jalan tol layang Jakarta-Cikampek"Ā dengan sumber foto HMP.

Ā 

Penelusuran dilanjutkan dengan mengcrop foto Anies bersepeda menggunakan Yandex.

Ā 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Klaim foto Anies uji coba sepeda masuk tol

Ā 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudulĀ "Pamer Jembatan Ketupat, Netizen Malah Fokus Gaya Bersepeda Anies Baswedan: Terlalu Santuy"Ā yang dimuat situsĀ riau24.com, pada 20 November 2019.

Artikel situs riau24.com memuat foto yang identik dengan klaimĀ  foto Anies Anies sedang uji coba bersepeda di jalan tol.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"(Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melepas tangannya saat tengah bersepeda"Ā foto tersebut bersumber dari akunĀ  Instagram resmiĀ Ā @aniesbaswedan, yang diunggah pada Selasa, 19 November 2019.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Anies sedang uji coba sepeda masuk tol tidak benar.Ā 

Foto tersebut hasil editan dari dua foto yang berbeda.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.comĀ merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atauĀ International Fact Checking NetworkĀ (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia.Ā 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalahĀ mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.Ā 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalamĀ cekfakta.comĀ untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada timĀ CEK FAKTAĀ Liputan6.comĀ di emailĀ cekfakta.liputan6@kly.id.