Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Mengejar Dua Orang

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengejar dua orang. Klaim foto Jokowi mengejar dua orang tersebut diunggah akun Facebook Obenz Tea, pada 15 September 2020.

Foto tersebut menampilkan seorang dengan wajah Jokowi sedang mengejar dua orang. Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"WASPADA..

Kemungkinan tgl 30 september

ditetapkan sebagai hari orang g*** nasional"

Benarkah klaim foto [Jokowi](4356077/7 "") mengejar dua orang? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi mengejar dua orang, dengan menjadikan foto tersebut sebagi bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi mengejar dua orang

Penelusuran mengarah pada akun YouTube Idul Syahputra dengan judul video "PRANK Orang Gila Ngamuk | Bikin Semua Orang Lari Ketakutan Ngakak ❗" diunggah, pada 22 Januari 2020.

Setelah video tersebut diamati, terdapat cuplikan gambar yang identik dengan foto klaim pada menit ke 1:46.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi mengejar dua orang

Kesamaan terdapat pada komposisi gambar, seperti baju yang dikenakan semua orang pada klaim dan latar belakang foto. Namun, wajah seorang yang mengejar dua orang pada video tersebut bukan Jokowi.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi mengejar dua orang

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"PRANK Orang Gila Ngamuk | Bikin Semua Orang Lari Ketakutan Ngakak ❗

Vidio ini hanyalan hiburan buat kalian TertawaSemoga kalian suka dengan Vidio kami"

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com Foto Jokowi mengejar dua orang tidak benar. Foto tersebut hasil editan, berasal dari video perbuatan jahil atau prank orang gila ngamuk yang diunggah di YouTube.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.