Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Anies Baswedan Mengendarai Mobil Model Peti Mati

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tengah mengendarai mobil model peti mati beredar di media sosial. Foto ini disebarkan akun Facebook Sudiro Wi pada 11 September 2020.

Dalam foto tersebut, tampak Anies mengendarai mobil model peti mati. Di sisi kanan mobil tersebut terdapat tulisan REM DARURAT.

"Fokus ke Flatnya Cuy," tulis akun Facebook Suriro Wi.

Foto yang disebarkan Sudiro Wi mendapat 8 komentar dari warganet.

Benarkah Anies Baswedan mengendarai mobil model peti mati seperti foto yang diunggah akun Facebook Sudiro Wi? Berikut penelurusan Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tengah mengendarai mobil model peti mati. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya foto serupa ditemukan di situs pxleyes.com. Foto tersebut diunggah akun erikuri ke situs pxleyes.com pada 2015 silam.

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Situs pxleyes.com

Foto tersebut diberi judul "Coffin car". Dalam foto itu tidak terdapat gambar Anies Baswedan dan tulisan "REM DARURAT" dan plat nomor.

"In case of fatal accident, this car will take the pilot straight to the right place... ;p," tulis akun erikuri.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tengah mengendarai mobil model peti mati ternyata tidak benar alias hoaks.

Foto yang diunggah akun Facebook Sudiro Wi diduga hasil suntingan dan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta sebenarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.