Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kanker Testis Bisa Dideteksi dengan Alat Tes Kehamilan

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang kanker testis bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Lulujazkhra pada 6 September 2020.

Akun Facebok Lulujazkhra mengunggah gambar alat tes kehamilan. Dalam gambar itu terdapat narasi sebagai berikut:

"Ketika pria mencoba pipis di alat tes kehamilan milik wanita dan hasilnya positif, maka kemungkinan besar pria tersebut memiliki kanker testis! silahkan dicoba gengs!"

"#fyi wah bahaya ini mah

https://www.instagram.com/p/CAyuflzHCz6/?igshid=15ep9wzog8w6d," tulis akun Facebook Lulujazkhra.

Klaim tentang kanker testis bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan yang disebarkan akun Facebook Lulujazkhra telah 67 kali dibagikan dan mendapat 252 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang kanker testis bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter spesialis urologi RS Siloam Asri Mampang, Dr. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U PhD.

Dr Hamid menyebut bahwa klaim tersebut tidak tepat. Menurutnya, alat tes kehamilan tidak bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit kanker testis.

"Dari segi medis, alat ini tidak digunakan. Karena tidak bisa menentukan kadar hormon secara kuantitatif yang dibutuhkan untuk menentukan keberhasilan penanganan tumor testis," kata dr Hamid kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Ia mengatakan, kanker testis bisa dideteksi berdasarkan hormon beta HCG. Namun pria normal tiak memiliki hormon ini.

"Tidak semua jenis tumor testis memproduksi hormon ini. Dan kanker testis yang menghasilkan hormon ini cukup jarang," ucap dr Hamid.

Dr Hamid pun menyarankan untuk tidak menggunakan alat tes kehamilan untuk mendeteksi kanker testis. "Sebenarnya deteksi dini kanker testis dapat dengan mudah ditemukan dengan cara pemeriksaan testis secara mandiri. Apabila merasakan adanya perubahan, maka perlu segera diperiksakan ke dokter," tutup dia.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang kanker testis bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan ternyata tidak benar. Alat tes kehamilan tidak bisa digunakan untuk menentukan apakah seorang pria punya penyakit kanker testis.

 

(Arazanses Vicoristen Sinaga)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.