Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Gibran akan Membebaskan Palestina dari Israel

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka akan membebaskan Palestina dari Israel.

Klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel diunggah akun Facebook AnNde AnNde Lumut, pada 9 September 2020. Unggahan tersebut berupa tangkapan layar judul media online swarakyat.com, "Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel?".

Berikut isi artikel tersebut:

SWARAKYAT.COM - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka (Gibran) mendapat syal bermotif bendera Palestina dari Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsurie.

“Sebelum kami sampaikan SK kami punya selendang asli dari Palestina, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke Mas Gibran agar selama nanti insyaallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan,” kata Masruhan, Jumat (28/8/2020).

Kata Masruhan, syal yang dipakai Gibran menjadi semangat dalam memperjuangan Solo menjadi lebih baik.

“Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti, itu akan menjiwai Mas Gibran dengan harapan perjuangannya menyejahterakan dan meningkatkan taraf hidup Kota Solo akan tercapai,” ungkapnya.

Ia mengatakan, rekomendasi jatuh kepada Gibran bukan karena sosoknya yang merupakan anak Presiden Jokowi. Melainkan karena pemikiran Gibran yang menurutnya layak sebagai modal seorang birokrat.

Pada tangkapan judul artikel tersebut terdapat foto Gibran menggunakan syal Palestina di antara sejumlah orang.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Bapaknya ngimpi ekonomi meroket.

#Ehh anaknya ngimpi bebasin Palestin.

Emang klo ngimpi mah bebas, bukan begetho kang martabak ⁉"

Benarkah Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Palestin adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Syal Palestina untuk Semangati Gibran Berjuang di Pilkada Solo" yang dimuat situs news.detik.com, pada 29 Agustus 2020.

Artikel situs news.detik.com menyebutkan, Gibran Rakabuming Raka dikalungi syal Palestina saat menjemput rekomendasi PPP sebagai bakal calon Wali Kota Solo.

Syal Palestina itu disebut Ketua DPW PPP Masruhan Samsurie sebagai simbol perjuangan."Sebelum kami sampaikan SK kami punya selendang asli dari Palestin, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke mas Gibran agar selama nanti Insyallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan," kata Masruhan di kantor DPW PPP Jawa Tengah di Semarang, Jumat (28/8/2020).

"Palestin adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti, itu akan menjiwai mas Gibran dengan harapan perjuanganya mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup kota Solo akan tercapai," sambungnya.

Masruhan menyebut rekomendasi Pilkada Solo itu jatuh ke Gibran bukan karena dia anak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melainkan karena sosok Gibran yang memiliki pemikiran bak soerang birokrat.

"Bukan karena pak Jokowi ya, itu sudah lama kita membaca saudara Gibran dengan pemikirannya yang lain dari yang lain. Itu jadi modal bagi seorang birokrat kalau ingin memajukan pemerintahannya itu harus keluar dari kungkungan kelaziman," jelasnya.

Kutipan pada artikel situs news.detik.com tersebut identik dengan artikel klaim akan membebaskan Palestina dari Israel. Namun, tidak ada kalimat Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel tidak benar.

Judul artikel klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel tidak sesuai dengan isi artikelnya.

Artikel sebenarnya berisi informasi tentang Gibran yang dikalungi syal Palestina saat menjemput rekomendasi PPP sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Syal Palestina diberikan karena negara tersebut melambangkan perjuangan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.