Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Gibran Pernah Menyatakan Daging Babi Lebih Enak dari Kambing

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka pernah menyatakan daging babi lebih enak dari kambing.

Klaim Gibran pernah menyatakan daging babi lebih enak dari kambing tersebut diunggah akun Rommy Ratulangi, pada 7 September 2020. Unggahan tersebut berupa foto Gibran mengenakan baju hitam, kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"Owh...ini calon walikota solo ya.koq lobang hidungnya terbalik.

Apa kagak kemasukan air tuh kalo hujan šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

kalo nggak salah dia pernah ngomong daging babi lbh enak dari kambing."

Benarkah Gibran pernah menyatakan daging babi lebih enak dari kambing? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Ā 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Gibran pernah menyatakan daging babi lebih enak dari kambing menggunakan Google Search dengan kata kunci 'gibran makan daging babi'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Usai Makan Daging Babi, Putra Jokowi Langsung Cari Masjid" yang dimuat situs nasional.republika.co.id, pada 22 November 2014.

Artikel situs nasional.republika.co.id menyebutkan, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dalam blognya yang berjudul 'Tahun ke-4 di Singapore'. Kaesang membuat perbandingan kehidupannya ketika masih awal-awal menginjakkan kaki di Singapura dan saat sudah memasuki tahun keempat untuk sekolah.

"Gue sekarang udah tau seluk-beluk Singapore dibandingin 4 tahun yang lalu waktu gue pertama kalinya sampai Singapore. Gue udah nggak bisa ditipu orang lagi kalo makanan yang gue makan itu babi," ujarnya.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Makan Daging Babi, Ini Komentar Kaesang Jokowi" yang dimuat situs nasional.tempo.co, pada 22 November 2014.

Artikel situs nasional.tempo.co menyebutkan, Saat-saat awal berada di Singapura untuk menuntut ilmu, putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, punya banyak cerita unik dan lucu, bahkan terkadang konyol. Salah satunya, Kaesang sempat mencicipi daging babi di sebuah food court dekat asrama.

Kala itu, ia melihat ada daging gede berbentuk kotak. Daging tersebut terlihat sangat enak dari luar. Penasaran, akhirnya Kaesang memesan satu porsi. Setelah pesanan terhidang, ia mencobanya. Ternyata, rasanya luar biasa enak. (Baca: Teman Sekamar Kaesang Jokowi Ingin Kudeta SBY.)

ā€œIni daging yang paling enak yang pernah gue coba,ā€ kata Kaesang, seperti ditulis dalam blog pribadinya, Misterkacang.blogspot.com, 5 Maret 2013. Bertajuk "Suka Duka Pertama Kalinya Sekolah di Singapore", ia pun melengkapi komentarnya, ā€œDagingnya itu super lembut, empuk dan maknyus.ā€

Lantaran terpesona dengan cita rasa daging tersebut, Kaesang melanjutkan cerita, ia berniat membeli satu porsi lagi untuk dimakan di asrama. Namun, sebelum memesan, ia ingin tahu ā€œjati diriā€ daging yang maknyus tadi.

ā€œGue tanya sama abangnya yang jual dan abangnya ngomong itu daging babi,ā€ kata Kaesang. Ia pun sempat mengumpat. ā€œPertama kali di Singapore gini udah bikin dosa. Udah dosa gue banyak banget lagi di Indonesia, ini malah ditambah lagi gara-gara makan daging babi. Tapi enak banget sih sebenernya dagingnya, bikin ngangenin.ā€

Kaesang yang merasa berdosa setelah memakan daging babi langsung mencari masjid terdekat. "Maksudnya, gue mau tobat gara-gara makan daging babi tadi," tulisnya.

Saat salat, Kaesang merasa tak bisa khusyuk. "Gara-gara gue keinget sama enaknya daging babi tadi," ujarnya. Ia pun mengaku merasa dosanya berlipat ganda.

Agar tak terngiang makan babi, Kaesang lalu mencari daging lain yang halal. Setelah berputar sana-sini, akhirnya ia menemukan daging kambing. "Tampilan luar sih kelihatan enak banget. Namun, setelah dicoba, alamak, rasenya enggak karu-karuan. Ternyata rasanya tu ga enak banget. Kaya makan arang yang dikasih kuah jengkol busuk. Rugi dah gue," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Gibran pernah menyatakan daging babi lebih enak dari kambing tidak benar.

Putra Jokowi yang mengaku pernah memakan daging babi adalah Kaesang bukan Gibran, sedangkan yang mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo adalah Gibran.

Ā 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.comĀ merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atauĀ International Fact Checking NetworkĀ (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia.Ā 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalahĀ mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.Ā 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalamĀ cekfakta.comĀ untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada timĀ CEK FAKTAĀ Liputan6.comĀ di emailĀ cekfakta.liputan6@kly.id.