Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Kontes Jin Ini Terkait dengan Kebakaran Gedung Kejagung

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kontes jin terkait kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaimm video kontes jin yang dikaitkan dengan kebakaran gedung Kejaksaan Agung.

Klaim video kontes jin yang dikaitkan dengan kebakaran gedung Kejaksaan Agung ini diunggah akun Facebook Dwie Maharani Futri, pada 8 September 2020.

Video tersebut menayangkan kontes jin dari tiga negara, jin pertama berasal dari Mesir yang mampu menghilangkan piramid, kedua jin berasal dari Jepang yang mampu melenyapkan Gunung Fuji.

ketiga jin berasal dari Indonesia yang mampu melenyapkan berkas korupsi, saat jin Indonesia tersebut beraksi muncul tayangan kebakaran gedung. Aksi jin asal Indonesia pun membuat penonton yang hadir dalam kontes jin tersebut terpukau. Video berdurasi 0.45 detik tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Kontes jinMengenai gedung jaksa agung yang kebakaran."

Benarkah video kontes jin tersebut terkait dengan kebakaran Gedung Kejaksaan Agung? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kontes jin terkait dengan kebakaran Gedung Kejaksaan Agung dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kontes jin terkait dengan kebakaran Gedung Kejagung

 

 Penelusuran mengarah pada akun YouTube Tujuh Enam yang dimuat pada 8 November 2012. Video tersebut diberi judul "Djarum 76 Kontes Jin 45 detik".

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kontes jin terkait dengan kebakaran Gedung Kejagung

Video tersebut, identik dengan klaim video yang diunggah. Namun, tidak ada tayangan kebakaran gedung saat jin Indonesia menghilangkan berkas kasus korupsi.

Penelusuran juga mengarah pada akun YouTube Glow Films Jakarta, pada 4 Mei 2012. Dengan judul video "Djarum 76 - Kontes Jin 30s".

Video tersebut juga menampilkan tayangan kontes jin dari tiga negara yang identik dengan klaim, namun tidak menampilkan gedung yang terbakar.

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar tayang video kebakaran gedung dalam klaim video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kontes jin terkait dengan kebakaran Gedung Kejagung

 

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Gedung Kejaksaan Agung RI Kebakaran, 5 Mobil Damkar Dikerahkan" yang dimuat situs suara.com, pada 22 Agustus 2020.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kontes jin terkait dengan kebakaran Gedung Kejagung

Situs tersebut memuat foto yang identik dengan video klaim, diberi keterangan sebagai berikut:

"Gedung utama Kejaksaan Agung RI, hebat terbakar pada hari Sabtu (22/8/2020) malam. [dokumentasi]"

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video kontes jin terkait dengan kebakaran gedung Kejaksaan Agung tidak benar.

Video tersebut telah mengalami editan, dalam video asli tidak terdapat bagunan terbakar.

Video kontes jin tersebut merupakan iklan roko Djarum 76 yang muncul sejak 2012, sedangkan bangunan yang terbakar merupakan peristiwa kebakaran gedung Kejaksaan Agung, pada 22 Agustus 2020.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.