Sukses

Cek Fakta: Foto Penampakan di Gedung Kejaksaan Agung Sudah Direkayasa

Foto penampakan di Kejaksaan Agung mendapat banyak respons dari warga Twitter. Tercatat, ada 117 komentar, 70 like, dan 180 kali dibagikan ulang.

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial, khususnya Twitter, ada isu penampakan di gedung utama kompleks kantor Kejaksaan Agung yang terbakar pada Sabtu (22/8/2020) malam WIB. Netizen menyebut ada penampakan menggunakan baju berwarna putih.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun di Twitter yang menyebut ada penampakan di gedung utama kompleks kantor Kejaksaan Agung yang terbakar. Akun yang berkicau seperti itu adalah @embun____ dan @ZoelHayat.

Berikut ini narasi yang aka di akun @embun____ untuk unggahannya soal penampakan di Kejaksaan Agung:

"Cek kejelian mata..Eyes

Pada gambar berikut, adakah kalian melihat sesosok penampakan..??

Jika ada tolong kasih tau di sebelah mana penampakan tersebut yah.."

Foto tersebut mendapat banyak respons dari warga Twitter. Tercatat, ada 117 komentar, 70 like, dan 180 kali dibagikan ulang.

Lalu, benarkah ada penampakan di gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim menggunakan mesin pencari Yandex untuk menelusuri foto unggahan @embun____ dan @ZoelHayat.

 

Hasilnya, memang ada foto seperti itu. Foto tersebut rupanya milik situs berita Okezone.com. Foto tersebut digunakan untuk artikel dengan judul: 'Asap Putih Masih Terlihat di Gedung Kejaksaan Agung Pasca Terbakar'.

Dalam foto yang tayang di artikel pada Minggu, 23 Agustus 2020 itu tidak ada penampakan menggunakan pakaian berwarna putih, seperti yang disebutkan oleh @embun____ dan @ZoelHayat.

 

Foto tersebut menggambarkan situasi Kejaksaan Agung pada Minggu (23/8/2020) sekira pukul 09.09 WIB, setelah Sabtu malam terbakar. Foto itu juga menggambarkan masih terlihat asap putih yang keluar di sela-sela gedung setelah adanya kebakaran.

Seperti yang diberitakan Okezone.com, gedung itu sendiri saat ini nampak hanya menyisakan kerangka. Sejumlah warga di lokasi juga ramai menyaksikan sisa-sisa bangunan yang hangus tersebut.

Meski sudah padam puluhan kendaraan dan petugas pemadam kebakaran juga masih terlihat standby di sekitaran lokasi gedung yang terbakar.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebutkan adanya penampakan menggunakan pakaian putih sudah direkayasa. Aslinya, foto itu milik Okezone.com yang menggambarkan situasi Kejaksaan Agung pada Minggu (23/8/2020) sekira pukul 09.09 WIB, setelah Sabtu malam terbakar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini