Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Anggota FPI Menyemprotkan Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Beredar foto yang mengklaim anggota Front Pembela Islam (FPI) sedang menyemprotkan virus corona.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Maverick, pada 27 Juli 2020. Unggahan tersebut berupa foto dua orang yang mengenakan baju putih, satu orang sedang menggendong tabung air dan satunya lagi sedang memegang sapu.

Pada unggahan foto tersebut, diberi keterangan sebagai berikut:

"AWAS HATI2 YANG DIMSEMPROTKAN FPI ADALAH VIRUS CORONA!!!!!"

Benarkan klaim foto anggota FPI sedang menyemprotkan virus corona? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto anggota FPI sedang menyemprotkan virus corona, dengan menjadikan foto klaim tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

klaim foto anggota FPI sedang menyemprotkan virus corona

 

Penelusuran mengarah pada situs resmi FPI fpi-online.com. Dalam situs tersebut memuat rangkaian foto, salah satunya terdapat foto yang identik dengan klaim.

klaim foto anggota FPI sedang menyemprotkan virus corona

Situs tersebut menyebutkan, Relawan Hilal Merah Indonesia - Front Pembela Islam (HILMI-FPI ) Kota Makassar berlanjut menyemprotkan Disinfektan ke sejumlah Masjid, pada Minggu 22 Maret 2020.

Kegiatan penyemprotan disinfektan dan pembersihan tempat ibadah berupa masjid guna mencegah penyebaran virus corona.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto anggota FPI sedang menyemprotkan virus corona tidak benar, kegiatan sebenarnya dalam foto tersebut adalah penyemprotan disinfektan yang dilakukan HILMI-FPI  Kota Makassar

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.