Sukses

[Cek Fakta] Solidaritas untuk Wartawan Palestina, Ronaldo dan Messi Tutup Mata Kiri?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 18 November 2019, akun Facebook Jacky Laleno Marvin mengunggah sejumlah foto, salah satunya kolase beberapa pemain sepak bola top dunia yang menutup mata kiri mereka dengan perban.

Bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo dan pemain tenar asal Argentina Lionel Messi termasuk di antaranya. Juga Mohamed Salah, Paul Pogba, Sergio Ramos, Luka Modric, Neymar, dan Zlatan Ibrahimovic.

Selain mengunggah gambar, akun tersebut juga menambahkan narasi dalam unggahannya.

Berikut isinya:

"AKSI SOLIDARITAS TUTUP MATA KIRI DI PALESTINA.

Sejumlah Bintang Sepak Bola Dunia Menutup Sebelah Matanya Sebagai Aksi Solidaritas Untuk Wartawan Gaza Muaz Amarineh Yang Di Tembak Mata Kirinya Oleh Sniper Israel....Sejumlah wartawan Gaza gelar aksi solidaritas untuk Muaz Amarineh yang ditembak sniper pasukan Israel saat meliput demonstransi di Khalil, Tepi Barat....Kami INDONESIA MENDO'AKAN setulus hati untuk kalian ♥️🇵🇸"

Sejak kalo pertama dibagikan di Facebook, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 285 kali dan mendapat 13 komentar.

Benarkah para bintang sepak bola dunia menutup sebelah matanya sebagai bentuk solidaritas terhadap wartawan Palestina?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Penelusuran gambar Ronaldo dengan menggunakan situs yandex.com menghasilkan temuan berikut ini:

 

[Cek Fakta] Solidaritas untuk Wartawan Palestina, Ronaldo dan Messi Tutup Mata Kiri? (Yandex.com)

 

Foto Ronaldo yang menggunakan penutup mata ternyata adalah editan. Aslinya bisa dilihat di situs news.nike.com. Sementara, foto asli Messi bisa dilihat di tautan ini.

Versi editan foto Ronaldo dan sejumlah pemain lain juga diunggah di akun Instagram eye.on.palestine. 

[Cek Fakta] Solidaritas untuk Wartawan Palestina, Ronaldo dan Messi Tutup Mata Kiri? (Instagram)

 

Selain foto para bintang bola yang diedit, ada juga foto asli wartawan Palestina Mu'ath Amarneh.

Ia tertembak polisi Israel saat tengah meliput aksi protes terhadap permukiman Yahudi yang berujung bentrok.

Situs Aljazeera.com dalam artikel berjudul, Palestinian journalists protest against wounding of colleague mengungkapkan, jurnalis foto lepas Palestina Muath Amarneh dirawat di Rumah Sakit Hadassah di Yerusalem.

Mu'ath Amarneh tertembak pada Jumat 15 November 2019, saat meliput protes yang berujung bentrok di Surif, dekat Hebron. Kala itu, ia berdiri di pinggir.

"Tiba-tiba, saya merasakan sesuatu mengenai mata, Kupikir itu peluru karet atau batu. Aku memeriksa mataku dengan tangan. Tak ada apapun di sana. Aku tak bisa melihat dan mataku hilang."

Insiden tersebut memicu protes para pekerja media di Tepi Barat yang diduduki. Sebagai bentuk solidaritas mereka menutup mata kiri. 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto para pemain dunia dengan satu mata ditutup perban adalah hasil editan. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Depresi dan Kecemasan Bisa Menular?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Ibu dengan Puting Datar, ASI Sulit Keluar?