Sukses

Pemain Senior China Jadi Pemain Terbaik Asia 2013

Pria 33 tahun itu memenangi penghargaan ini setelah menjadi pahlawan bagi Guangzhou Evergrande ketika menjuarai Liga Champions Asia.

Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) pada hari Selasa (26/11/2013) waktu setempat mengumumkan peraih penghargaan Pemain Terbaik Asia 2013. Gelar bergengsi itu kini menjadi milik pemain China Zheng Zhi.

Pria 33 tahun itu memenangkan penghargaan bergengsi tersebut setelah menjadi pahlawan Guangzhou Evergrande ketika menjuarai Liga Champions Asia. Zheng menjadi pemain China pertama yang meraih penghargaan ini sejak Fan Zhiyi pada tahun 2001 lalu.

Zheng terpilih menjadi Pemain Terbaik Asia 2013 setelah mengalahkan bintang Iran Javad Nekonam dan pemain Korea Sepatan Ha Da-sung. Tahun lalu Zheng hanya finis di posisi ketiga karena kalah dari Ali Karimi (Iran) dan Lee Keun-ho (Korsel).

"Setelah gagal menang tahun lalu, saya sangat berterima kasih dapat memenangkan penghargaan yang sangat bergengsi ini pada usia 33," ucap Zheng seperti dilansir situs resmi AFC.

Kesuksesan Guangzhou menjuarai Liga Champions Asia membuat klub asuhan Marcello Lippi itu kebanjiran hadiah. Guangzhou dinobatkan sebagai Klub Terbaik Asia 2013. Sedangkan striker Luiz Guilherme Da Conceicao Silva alias Muriqui terpilih menjadi Pemain Asing Terbaik Asia 2013.

Sementara itu, Suphawut Thueanklang terpilih menjadi Pemain Futsal Terbaik Asia 2013 berkat kesuksesannya bersama Chonburi Bluewave dan Timnas Thailand. Chonburi juga keluar sebagai Tim Futsal Terbaik Asia 2013. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.