Sukses

Dikalahkan China, Ini Alasan Jacksen

Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago mengakui para pemain tampil tidak bagus di babak pertama.

Indonesia dipastikan gagal melaju ke babak penyisihan Piala Asia 2015 setelah dikalahkan China 0-1 dalam matchday keempat Grup C di Stadion Shanxi, Jumat (15/11/2013) malam WIB. Dengan kemenangan ini, China bertengger di peringkat dua klasemen grup. Sementara, Indonesia yang diasuh Jacksen F Tiago itu masih terpuruk di dasar klasemen grup. Mereka baru mendapatkan raihan satu angka.

Mengomentari kekalahan ini, Jacksen beralasan bahwa para pemain tampil kurang percaya diri di babak pertama. Timnas senior mengalami kesulitan mengembangkan permainan akibat mendapat gempuran bertubi-tubi dari tuan rumah,  hingga akhirnya tertinggal satu gol di babak pertama. Namun, performa Boaz Solossa dan kawan-kawan membaik di babak kedua, sehingga mampu mengimbangi China.

Menurut Jacksen, China bermain lebih baik dibandingkan pertemuan mereka di Jakarta pada pertengahan Oktober lalu. Dukungan fans tuan rumah juga mempengaruhi performa tim Negeri Tirai Bambu.

“Selamat kepada timnas China. Indonesia sudah melakukan yang terbaik. Tapi memang harus diakui, China bermain baik di hadapan puluhan ribu penonton,” ujar Jacksen dalam keterangannya kepada wartawan, seperti dilansir Goal.com, Jumat (15/11/2013).

“Babak pertama tidak sebaik babak kedua. Tapi, kami mencoba berubah di babak kedua. Sayang kami tidak dapat mencetak gol. Pemain kami tidak enjoy bermain di babak pertama. Pemain kurang percaya diri,” kata Jacksen. “Selain itu, Cina bermain lebih baik dibandingkan di Indonesia.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.