Sukses

Indonesia Pernah Menang atas Korsel, Ini Faktanya

Korea Selatan memang menjadi raksasa di sepak bola Asia. Sejak 1986, Korsel tidak pernah absen dari putaran final Piala Dunia. Banyak bintang mereka yang kini juga bertebaran di klub-klub Eropa, sebut saja salah satunya Park Ji Sung yang pernah membela Manchester United.

Jika prestasi itu ada di level senior. Bagaimana kelompok umur di bawahnya? Timnas U-23 mereka sukses merebut perunggu di Olimpiade 2012. Timnas U-19 adalah juara bertahan di gelaran Piala AFC U-19 sekaligus peraih gelar terbanyak sebanyak 12 kali.

Jadi, memang sudah terbayang betapa beratnya perjuangan yang harus dihadapi Garuda Jaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta saat akan menghadapi Korsel.

Pertanyaan sekarang, apakah tim nasional Indonesia tak pernah bisa mengalahkan Korea Selatan? Jawabannya pernah. Kapan dan dimana, berikut ringkasannya, seperti yang dikutip dari berbagai sumber pada Sabtu (12/10/2013).

1. 30 Oktober 1969: Indonesia vs Korea Selatan 3-0

Hasil ini dicatatkan timnas Indonesia dalam Merdeka Games 1969 di Kuala Lumpur Malaysia. Pada pertandingan itu, timnas menang telak 3-0 melalui gol-gol Soetjipto Soentoro, Abdul Kadir, dan Jacob Sihasale.

2. 18 Juni 1975: Indonesia vs Korea Selatan 3-2

Kali Indonesia berhasil menang atas Korsel dalam turnamen peringatan ulang tahun Jakarta, Anniversary Cup. Timnas yang diasuh pelatih anyar Wiel Coerver kebobolan dua kali dari Korsel akibat tembakan Park Byung-chul dan Cho Dong-yun. Pertandingan ini diakui sebagai pertandingan berkategori internasional A.

3. 16 Agustus 1968 Indonesia vs Korea Selatan  4-2 (Piala Merdeka Malaysia)

Tak banyak informasi yang bisa diulik terkait kemenangan ini. Tapi kemenangan bersejarah ini membuat Indonesia lolos ke final Piala Merdeka Malaysia.

4. 20 Juni 1972 : Indonesia  vs Korea Selatan 5-2 (Piala Anniversary Jakarta)
Salah satu hasil pertandingan yang cukup fenomenal yang berhasil ditorehkan Indonesia melawan negari "Ginseng" Korea Selatan. Tak banyak informasi yang bisa didapat terkait siapa pencetak gol.

Jika melihat dari rekor pertandingan kedua tim, kemenangan terakhir Indonesia sebenarnya pada 38 tahun yang lalu. Pertanyaan sekarang, mungkinkah Garuda Jaya dapat menorehkan sejarah baru dan mengoretkan tinta emas di sepakbola Indonesia?

Jawabannya akan ditentukan dalam pertandingan Indonesia U-19 vs Korea Selatan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan pada pukul 19.30 WIB. (Def)

Prakiraan susunan pemain :

Korsel: Lee Taehui; Lim Seunggyeom, Pak Mingyu, Hwang Ki Wook, Kim Jeongmin; Choi Jaehun, Seol Taesu, Hwang Hee-Chan, Lee Jeongbin; Kim Shin, Shim Jehyeok.
Pelatih: Kim Sang Ho

Indonesia: Ravi Murdianto; Mahdi Fahri, Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama, Fatchu Rohman; Paulo Sitanggang, Evan Dimas, Hargianto; Dinan Yahdian, Muchlis Hadi, Ilham Udin Armaiyn.
Pelatih: Indra Sjafri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.