Sukses

Digulung Prancis, Socceroos Pecat Pelatih

Buntut dari kekalahan besar 0-6 dari Prancis, Australia memecat pelatihnya yang sukses mengantarkan tim ke Brasil: Holger Osieck.

Buntut dari kekalahan besar 0-6 dari Prancis di laga persahabatan internasional yang berlangsung di Parc des Princes, Jumat, 11 Oktober 2013 malam waktu setempat atau Sabtu (13/10/13) dinihari WIB, Australia memecat pelatihnya asal Jerman, Holger Osieck.

Osieck, 65 tahun, yang ditunjuk menjadi pelatih Socceroos menggantikan Pim Verbeek pada 11 Agustus 2010, sukses mengantarkan Lucas Neill dkk melaju ke putaran final Piala Dunia (PD) 2014 di Brasil usai menjadi runner-up Grup B kualifikasi PD 2014 Zona Asia putaran  keempat. Namun, masa depan Osieck bersama Australia mulai diragukan bulan lalu ketika Neill dkk juga menelan kekalahan memalukan enam gol tanpa balas saat menghadapi Brasil di Estadio Nacional Mane Garrincha, Brasilia.

Hanya beberapa jam setelah kekalahan dari Les Bleus, Federasi Sepakbola Australia (FFA) melansir keputusan pemecatan Osieck dari jabatannya sebagai pelatih tim. Menurut Chairman FFA, Frank Lowy, keputusan yang diambil pihaknya “berdasarkan isu jangka panjang peremajaan timnas dan persiapan menghadapi PD dan Asian Cup”.

Sementara itu, Chief Executive FFA David Gallop menyatakan jika posisi Osieck sementara waktu diemban caretaker tim Aurelio Vidmar yang akan memimpin Australia menjalani laga persahabatan lainnya menghadapi Kanada di Craven Cottage, London, Selasa (15/10/13) pekan depan. Lebih lanjut, Gallop mengatakan jika Head of National Performance Luke Casserly dan Direktur Teknik Nasinal Han Berger akan bertanggung jawab dalam mencari sosok pelatih permanen. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini