Sukses

Wilshere Tolak Januzaj Perkuat Timnas Inggris

"Satu-satunya orang yang harus bermain untuk Inggris adalah orang-orang Inggris," tegas Jack Wilshere, gelandang Timnas Inggris.

Adnan Januzaj tengah naik daun. Usai mencetak dua gol ke gawang Sunderland di Liga Premier akhir pekan lalu, pemain muda Manchester United ini tidak hanya menjadi incaran klub-klub, tetapi juga negara.

Januzaj memang lahir serta dibesarkan di Belgia sampai usia 16 tahun, namun juga bisa bermain untuk Timnas Albania, Turki, dan Serbia karena garis keturunan. Tidak hanya itu, ia juga memenuhi syarat untuk memperkuat Timnas Inggris pada 2018 melalui residensi atau izin tinggal.

Namun, Jack Wilshere mendesak Asosiasi Sepakbola Inggris tak mengikuti jalan yang sama seperti tim kriket, yang menampilkan sejumlah  pemain kelahiran Afrika Selatan. "Bagi saya, jika Anda Inggris, Anda berbahasa Inggris, dan Anda bermain untuk Inggris," tutur playmaker Arsenal itu seperti dilansir Soccerway, Rabu (9/10/13).

"Satu-satunya orang yang harus bermain untuk Inggris adalah orang-orang Inggris," tegas Wilshere. "Jika Anda tinggal di Inggris selama lima tahun, itu tidak berarti membuat Anda menjadi orang Inggris. Anda tidak boleh bermain (untuk timnas Inggris)."

"Jika saya pergi ke Spanyol dan tinggal di sana selama lima tahun, saya tak akan bermain untuk Spanyol," tambah pemain berusia 21 tahun itu.

Mantan bintang Timnas Inggris, John Barnes, bisa mengerti penolakan Wilshere. Barnes merupakan kelahiran Jamaika tapi bermain 79 kali untuk Timnas Inggris. "Pada 1983, ketika saya bermain untuk Inggris, Jamaika tak pernah memiliki kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia, mereka tidak yang tertarik dengan sepakbola," ujar Barnes.

"Tapi, jika dia (Januzaj) memutuskan ingin bermain untuk Inggris, maka saya tidak melihat mengapa tidak."


Baca juga:

1. Siapa Pemain Terbaik Indonesia vs Laos? Ini Faktanya!
2. GBK Sepi Penonton, Pemain Timnas Kecewa
3. Lima Legenda Indonesia yang Pernah Main di Luar Negeri
4. Inilah Pemain Terbaik Versi Roy Suryo
5. Pantaskah Evan Dimas Masuk Timnas U-23? Ini Jawabannya


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini