Sukses

Lyon Mengharapkan Mukjizat di Sarang Sociedad

Kalah 0-2 di leg pertama bakal memperberat langkah Olympique Lyon di leg kedua play-off Liga Champions. Lyon harus menang 0-3 di leg kedua.

Klub asal Ligue 1 yang mencoba untuk mencicipi atmosfer panas di Liga Champions, yakni Olympique Lyon, harus menghadapi jalan terjal. Klub yang diarsiteki Jean-Michel Aulas itu sempat dipermalukan lawannya Real Sociedad, di leg pertama babak play-off. Lyon menyerah dua gol tanpa balas saat menjamu Sociedad, Rabu 21 Agustus 2013 lalu.

Yoann Gourcuff dan kawan-kawannya kini hanya bisa berusaha sekuat tenaga dan berharap mukjizat datang ke saat menjalani laga leg kedua di sarang Sociedad di Stadion Municipal de Anoeta, Kamis (29/8/13) dinihari WIB nanti. Tidaklah berlebihan apabila Lyon hanya berharap datangnya mukjizat, karena mencari tiga gol tanpa balas di kandang lawan sudah barang tentu bukan perkara mudah.

Sociedad memang tim papan tengah, namun penampilan konsisten yang ditampilkan tim asuhan Jagoba Arrasate itu membuat mereka berhasil menjadi kandidat wakil La Liga Spanyol di Liga Champions selain Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Selain itu, tambahan tenaga dari dukungan ribuan suporter mereka akan membuat Lyon kelimpungan saat menantang Sociedad.

Mungkin Lyon bisa berkaca kepada pengalaman Barcelona melawan AC Milan di musim yang lalu, di mana Barcelona yang kalah 2-0 di leg pertama berhasil membalikkan kedudukan di leg kedua dengan menang 4-0. Sialnya, Lyon bukan Barcelona yang memiliki banyak pemain bintang.

Ditambah dengan menurunnya penampilan dari klub berjuluk Les Gones itu, maka besaran kemungkinan untuk Sociedad meloloskan diri terbuka cukup lebar. Lyon tercatat menelan dua kekalahan beruntun, yakni 0-2 saat menjamu Sociedad, dan Stade de Reims yang mempermalukan mereka di kandang sendiri dengan skor tipis 0-1.

Sementara Sociedad berhasil tampil cukup konsisten, belum pernah kalah sejak musim kompetisi 2013-2014 dimulai. Sebelum memulai musim kompetisi yang baru pun Sociedad telah menampilkan performa yang cukup baik. Mereka berhasil membukukan dua kemenangan dan kekalahan, serta sekali imbang.

Konsistensi akan jadi penentu dalam pertandingan ini. Karenanya, Sociedad kembali unggul. Dengan keuntungan dua gol tandang, Sociedad hanya perlu bertahan dan mencetak tambahan gol agar bisa mengamankan posisinya untuk melanjutkan langkahnya di Liga Champions musim ini. Skor 2-0 untuk kemenangan Sociedad bisa jadi menghiasi akhir pertandingan ini. (Dari Berbagai Sumber/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.