Sukses

Gara-gara Hal Ini, Nathan Tjoe A-On Dipuji Shin Tae-yong Jelang Play-off Olimpiade Lawan Guinea

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji pemain SC Heerenveen Nathan Tjoe-A-On jelang laga play-off Olimpiade 2024 melawan Guinea pada Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji pemain SC Heerenveen Nathan Tjoe-A-On jelang laga play-off Olimpiade 2024 melawan Guinea pada Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB. 

Dia menilai pesepak bola berusia 22 tahun itu memiliki sikap yang baik lantaran berani membangun komunikasi di lapangan serta menegur rekannya apabila terdapat hal yang tidak sesuai selama pertandingan. 

Sekadar informasi, Nathan Tjoe-A-On sejatinya belum lama bergabung dengan skuad Garuda. Dia baru saja menyandang status WNI usai mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham pada Maret silam. 

Walau begitu, Nathan Tjoe-A-On langsung nyetel dan memainkan peran penting saat memperkuat Garuda Muda dalam gelaran Piala Asia U-23 2024. 

Pesepak bola kelahiran 2001 bahkan nampak tak segan memberi komando pada rekan setimnya atau sesekali marah ketika ada hal yang berjalan kurang baik. 

Sikap ini rupanya menuai sanjungan dari pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. Pria asal Korea Selatan menilai positif perilaku Nathan lantaran dia dianggap mampu mengimbangi pemain lokal yang cenderung kurang berani berkomunikasi di lapangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong soal Nathan Tjoe-A-On

"Soal Nathan, memang pemain harus saling belajar. Tidak ada yang saling menyalahkan di lapangan. Paling penting itu taktik bicara, pemain lokal terlalu diam," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang duel kontra Guinea pada Kamis (9/5/2024). 

"Tindakan Nathan sangat baik dan itu yang saya harapkan ke pemain. Akan tetapi, banyak pemain malu-malu dan merasa salah untuk menegur pemain lain." 

"Komunikasi di lapangan itu harus baik dan harus diasah terus," sambung juru taktik yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

3 dari 3 halaman

Amunisi Garuda Muda Berkurang

Terlepas dari adanya sejumlah pemain bertalenta dalam tim, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menilai situasi Garuda Muda kurang ideal jelang menghadapi Guinea di play-off Olimpiade Eropa.

Pasalnya, fisik dan mental pemain telah terkuras usai tampil di gelaran Piala Asia U-23 2024. Belum lagi, Garuda Muda akan kehilangan sejumlah amunisi. 

Justin Hubner dipastikan tak bisa membela Timnas Indonesia U-23 lantaran tak dilepas oleh Cerezo Osaka, sementara kapten Rizky Ridho masih menjalani larangan bermain akibat kartu merah. 

"Sebelum lawan Guinea, skuad kami kurang baik khususnya di lini belakang. Mungkin bisa dikatakan hampir runtuh lini belakang saat ini," ucap Shin Tae-yong mengomentari kondisi Garuda Muda. 

"Jadi dengan skuad yang ada, kami harus bekerja keras sampai akhir biar bisa bawa hasil yang baik," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.