Sukses

ONE Fight Night 22: Smilla Sundell Kehilangan Gelar Juara Dunia Sebelum Bertanding

Smilla gagal memenuhi batas berat yang ditetapkan pada sesi timbangan dan uji hidrasi ONE Fight Night 22

Liputan6.com, Jakarta- Juara dunia Muay Thai kelas jerami perempuan ONE Championship Smilla Sundell harus menerima kenyataan pahit sebelum bertanding di ONE Fight Night 22. Dia harus menyerahkan gelarnya bahkan sebelum pertarungan melawan Natalia Diachkova dimulai.

Hal ini karena kegagalannya memenuhi batas berat yang ditetapkan pada sesi timbangan dan uji hidrasi ONE Fight Night 22 yang dilaksanakan pada Kamis malam (2/5/2024).

Petarung berusia 19 tahun tersebut berhasil melewati uji hidrasi, yang bertujuan untuk menentukan kadar air dalam tubuh para atlet.

Meskipun demikian, Sundell gagal mencapai berat yang dibutuhkan saat timbangan. Ia kelebihan berat sebanyak 0,6 kilogram setelah beberapa kali mencoba.

Karena ketidakmampuannya memenuhi syarat berat, ONE Championship terpaksa mencabut gelar Juara Dunia Muay Thai kelas jerami yang sebelumnya dipegang oleh Sundell.

Jika Natalia Diachkova setuju, laga masih bisa berjalan dengan berat Sundell saat ini. Namun, sang juara bertahan tidak akan dapat mempertahankan gelarnya meskipun keluar sebagai pemenang.

Sebaliknya, Diachkova tetap memiliki kesempatan untuk merebut sabuk tersebut karena ia berhasil memenuhi berat yang disyaratkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasib Apes Sundell

Uji hidrasi merupakan salah satu inisiatif ONE Championship untuk mengutamakan perlindungan atlet dan menjunjung tinggi nilai keadilan.

Ini bertujuan untuk menghindari praktik pengurangan cairan tubuh secara ekstrem oleh atlet yang ingin berkompetisi di kelas yang seharusnya tidak sesuai dengan berat badan mereka.

Mengurangi kandungan cairan dalam tubuh memang salah satu cara efektif untuk mengurangi bobot tubuh, tetapi hala ini berisiko tinggi karena apat membahayakan kesehatan mereka.

Selain Sundell, petarung lain yang gagal dalam uji berat pada ONE Fight Night 22 adalah Maurice Abevi. Di luar itu, petarung lain berhasil melewati tes dengan lancar.

ONE Fight Night 22 akan disiarkan secara langsung dan gratis melalui Vidio pada Sabtu, (4/5/2024), mulai pukul 07.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini