Sukses

Hasil Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Australia: Petik Kemenangan Bersejarah, Garuda Muda Buka Peluang ke 8 Besar

Timnas Indonesia meraih kemenangan bersejarah usai menaklukkan Australia 1-0 pada laga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia meraih kemenangan bersejarah usai menaklukkan Australia 1-0 pada laga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024) malam WIB. 

Hasil ini membuka peluang timnas U-23 lolos ke babak gugur. Indonesia kini mengoleksi tiga angka, sama seperti tuan rumah Qatar. Sementara Australia dan Yordania baru memiliki satu poin.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tidak bisa menurunkan Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta yang terkena kartu merah di partai pembuka kontra Qatar. Sebagai pengganti Ivar di starting line-up, Shin memasukkan Nathan Tjoe-A-On. 

Turut memulai laga sejak menit pertama adalah Fajar Fathur Rahman dan Kelly Sroyer. Sementara Justin Hubner yang baru bergabung berada di bangku cadangan. 

Dengan komposisi ini, laga dimulai. Dari umpan panjang, Indonesia mendapat peluang pertama di menit kedua. Bola jauh ke Witan Sulaeman diteruskan ke Jeam Sroyer. Sayang eksekusi pemain Persik Kediri itu masih melambung. Australia membalas dengan serangan balik. Beruntung peluang juga gagal dimanfaatkan.

Pertandingan berusia 15 menit. Tempo melambat dengan Australia menguasai bola. Sementara Indonesia tidak terburu-buru saat mendapat si kulit bundar. Salah satu kans dimiliki Rafael Struick yang memiliki ruang tembak, tapi tendangannya melenceng.

Indonesia kesulitan keluar dari tekanan dengan Australia beberapa kali melepas tendangan. Salah satunya usaha Mohamed Toure yang mengenai tangan Komang Teguh.

Berdasar rekomendasi VAR, penalti harus diberikan dan wasit setuju. Toure menjadi eksekutor. Namun, tendangannya dimentahkan Ernando Ari.

Situasi berbahaya belum selesai. Dari sepak pojok, Australia kembali mendapat kans. Tapi kiper Persebaya Surabaya itu kembali melakukan penyelamatan.

Laga menjadi lebih terbuka. Indonesia mendapat peluang lewat Marselino Ferdinan.Australia membalas lewat serangan balik Mohamed Toure.

Indonesia akhirnya unggul di menit terakhir waktu normal. Dari sepak pojok, Muhammad Ferrari menanduk bola. Nathan Tjoe-A-On menyambar bola liar yang kemudian disambut Komang Teguh.

Australia mendapat tendangan bebas di area berbahaya pada tambahan waktu. Namun Indonesia bisa meredam serangan. Skor 1-0 bagi Garuda Muda di babak pertama Indonesia vs Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Indonesia vs Australia

Babak kedua dimulai. Pelatih kedua tim tidak melakukan perubahan pemain.

Australia dengan sabar membongkar pertahanan Indonesia. Bola menemukan Mohamed Toure yang dalam posisi bebas. Namun, eksekusinya kembali masih bisa dimentahkan Ernando Ari.

Babak kedua memasuki 15 menit. Australia terus menekan, tapi belum berhasil. Pelatih Tony Vidmar kemudian menarik Keegan Jelacic dan Adrian Segecic keluar. Lachlan Brook dan Jordi Valadon masuk sebagai pengganti.

Pemain Indonesia bertumbangan karena tekel lawan dan keletihan. Jeam Sroyer keluar digantikan Justin Hubner.

Mohamed Toure kembali membuang peluang. Vidmar lalu menghabiskan jatah pergantian pemain. Mohamed Toure, Nishan Velupillay, dan Jake Hollman digantikan Alou Kuol, Nicolas Milanovic, dan Garang Kuol.

Indonesia merespon. Rio Fahmi menggantikan Fajar Fathur Rahman. Tidak lama berselang, Komang Teguh gagal menyelesaikan laga karena cedera. Ikhsan Zikrak masuk mengisi posisinya.

Ernando Ari kembali beraksi. Usai menghentikan umpan silang Australia, dia memblok tendangan Lachlan Brook.

Wasit memberi tambahan waktu 11 menit. Indonesia mendapat kesempatan langka. Penetrasi Nathan Tjoe-A-On berbuah peluang bagi Marselino Ferdinan. Sayang usahanya diblok lawan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Indonesia vs Australia

Indonesia U23 (3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Komang Teguh; Fajar Fathur Rahman, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Kelly Sroyer

Australia U23 (4-2-3-1): Patrick Beach; Jacob Italiano, Alexandar Popovic, Jordan Courtney-Perkins, Lucas Mauragis; Ryan Teague, Keegan Jelacic; Jake Hollman, Adrian Segecic, Mohamed Toure; Nishan Velupillay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini