Sukses

Antusiasme Masyarakat Tinggi, Event F1Powerboat Diyakini Mampu Menaikkan Trafik Wisatawan ke Danau Toba

Di sisi lain, terkait penyelenggaraan F1Powerboat 2024 kedua di Danau Toba, pihak panitia telah mempersiapkan serangkaian acara, seperti konser musik dan akrobatik pesawat

Liputan6.com, Jakarta Danau Toba kembali akan menjadi tuan rumah ajang olahraga air internasional, F1Powerboat, yang bakal digelar pada 2-3 Maret 2024. Salah satu event pariwisata unggulan di tahun 2024 ini akan dihadiri para pembalap internasional.

Antusiasme masyarakat dengan penyelenggaraan F1Powerboat di Danau Toba ini terus meningkat. Sejak penjualan tiket dibuka pada 19 Februari 2024 lalu, terpantau ketersediaan tiket mulai menipis.

Adanya berbagai ragam acara seperti festival budaya dan UMKM, konser musik dengan band papan atas, serta adanya kompetisi Aquabike Indonesia Championship dan kompetisi Solu Bolon menjadi salah satu pemikat event internasional ini.

Dengan tiket yang tak terlalu mahal, pengunjung bisa menikmati serunya pertandingan dan hiburan seperti konser musik yang menghadirkan band-band papan atas Indonesia seperti Wali, Radja, dan Ada Band.

Selain itu, penonton juga bisa menyaksikan berbagai festival budaya dan UMKM. Juga kompetisi Solu Bolon yang akan diikuti oleh tim-tim dari masyarakat sekitar, dengan hadiah sebesar 250 juta rupiah.

“Kami meyakini F1Powerboat Danau Toba ini akan menarik lebih banyak wisatawan, karena event dikemas dengan beragam acara lain seperti festival budaya dan UMKM, juga penampilan para musisi yang akan acara semakin meriah. Saya harap masyarakat berbondong-bondong dan tidak ketinggalan untuk hadir menyaksikan serta menyukseskan F1Powerboat Danau Toba,” kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam Konferensi Pres yang diselenggarakan di Posbloc Medan (22/02).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

F1Powerboat 2024 Beri Dampak Ekonomi

Effendi Pohan, Staf Ahli PJ Gubernur Sumatera Utara juga mengungkapkan dukungan untuk event F1Powerboat 2024.

“Pelaksanaan F1Powerboat akan memberikan dampak ekonomi yang besar pada Provinsi Sumatera Utara. Karena itu, kami siap untuk membantu pelaksanaan event sehingga bisa terselenggara dengan sukses sehingga berdampak luas pada perekonomian daerah,” ungkapnya.

Selaras dengan hal tersebut, Bupati Kabupaten Toba, Poltak Sitorus, menjelaskan bahwa dengan adanya event-event internasional ini memberikan dampak yang signifikan bagi pariwisata di Danau Toba.

“Tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan di Danau Toba mencapai 1 juta wisatawan, di tahun 2023 naik 100% menjadi 2 juta kunjungan wisatawan. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi pariwisata Danau Toba, tentunya harapan untuk tahun ini F1Powerboat 2024 dapat mendatangkan kunjungan wisatawan lebih dari tahun sebelumnya sehingga target ekonomi juga dapat tercapai,” ujar Poltak Sitorus.

3 dari 5 halaman

Event Internasional Bangun Branding Danau Toba

Sementara itu, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung sudah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan destinasi pariwisata khususnya di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya Danau Toba.

Salah satu upaya untuk membangun destination branding dan awareness ialah dengan menyelenggarakan event internasional. “Mengembangkan destinasi pariwisata butuh sustainable effort sehingga dengan event yang berkelanjutan seperti F1Powerboat ini tentunya akan memberikan impact yang luar biasa serta dampak ekonomi jangka panjang yang dapat mencapai 1,7 triliun” ujar Maya.

4 dari 5 halaman

Di Danau Toba Juga Digelar Balap Jetski Nasional

Sementara itu, bersamaan dengan ajang balap F1Powerboat, digelar juga Aquabike Indonesia Championship (AIC). Ini adalah balap jetski nasional yang diikuti sekitar 20 pebalap Indonesia.

“AIC akan menjadi kesempatan bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya, sehingga nantinya bisa menunjukkan prestasinya dalam ajang balap internasional Aquabike Jetski World Championship yang akan kembali diselenggarakan di Danau Toba pada akhir tahun ini. AIC akan menjadi salah satu event olahraga yang tak kalah menarik yang dihadirkan bersamaan F1Powerboat,” kata Direktur Olahraga Balap Air Ikatan Motor Indonesia (IMI), Randi Wibawa.

5 dari 5 halaman

Panitia Siapkan Rangkaian Acara Termasuk Akrobatik Pesawat

Di sisi lain, terkait penyelenggaraan F1Powerboat 2024 kedua di Danau Toba, Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Samsul Purba, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan serangkaian acara yang spesial mulai dari penampilan band-band papan atas, hingga atraksi akrobatik pesawat dari Jupiter Aerobatik Team.

“Kami bangga dapat diberi kesempatan untuk menjadi penyelenggara ajang balap internasional tahun ini. Tentunya kekurangan penyelenggaraan tahun lalu menjadi pelajaran bagi kita dan kami terus melakukan improvement agar penyelenggaraan tahun ini jauh lebih baik,” ujar Samsul Purba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.