Sukses

PSSI Gandeng Erspo Jadi Produsen Apparel Resmi Timnas Indonesia

Federasi sepak bola Indonesia PSSI resmi menggandeng Erspo sebagai produsen baru jersey Timnas Indonesia. Kerja sama ini diumumkan secara resmi dalam konferensi pers di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat pada Senin (22/1/2024) siang WIB.

Liputan6.com, Jakarta Federasi sepak bola Indonesia PSSI resmi menggandeng Erspo sebagai produsen baru jersey Timnas Indonesia. Kerja sama ini diumumkan secara resmi dalam konferensi pers di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat pada Senin (22/1/2024) siang WIB.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, nilai kerja sama dengan Erspo mencapai Rp16,5 miliar. Angka tersebut terdiri dari uang tunai senilai Rp5 miliar, produk, serta royalti.

Erick Tohir menjelaskan, pemilihan Erspo sebagai apparel resmi Timnas Indonesia sudah melalui jalan panjang. Brand yang terafiliasi dengan merk lokal Erigo itu ambil bagian dalam tender bersama sejumlah pesaing lainnya.

"Ini era baru, golden era. Tidak hanya mendorong tim nasional untuk mempersiapkan diri dengan baik, kami juga membuka agar bagaimana brand lokal bisa mendunia. Kita coba dorong ini menjadi ekosistem yang saling mengntungkan dengan sepak bola Indonesia," ucap Erick Thohir dalam konferensi pers, Senin (22/1/2024).

"Yang menarik, prosesnya ini juga sangat transparan. Kita lihat bagaimana proses tender ini hampir diikuti 20 brand. Ini pertama kali, karena memang hal ini bukan hanya digunakan untuk meningkatkan value PSSI dan sponsor, tetapi juga transparansinya."

"Nilainya (kerja sama PSSI dan Erspo) mencapai 16,5 miliar, di mana ada cash 5 miliar, produk, dan yang paling terbaru ada istilahnya royalti. Ini belum pernah ada," sambung pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diharapkan Berlangsung Lama

Erick Thohir pun berharap kerja sama antara PSSI dan dengan Erspo dapat berjalan dalam jangka panjang. Ia juga bertekad membangun simbiosis mutualisme, yang sama-sama membawa keuntungan bagi Timnas Indonesia dan pihak apparel.

"Biasanya (kerja sama PSSI) hanya dengan konsep sponsorship. Karena itu, kali ini kami juga mendorong, bagaimana supaya PSSI dan timnas, (melakukan) apa yang bisa kita bantu (untuk pihak Erspo)," ucap Erick Thohir.

"Jangan jangan sampai kerja sama ini tidak last long (bertahan lama). Kalau kita mau sukses sama-sama, kita haus ada mutual, benefit, dan kerja sama yang last long," tandas Ketum PSSI.

3 dari 3 halaman

Beda Identitas dengan Erigo

Sekadar informasi, Erspo merupakan brand dengan identitas berbeda dari Erigo. Meski saling terafiliasi, Erspo difokuskan untuk berkiprah di industri sportswear.

Founder Erspo, Muhammad Sadad menjelaskan pihaknya memang ingin serius menghadirkan produk yang dapat diapresiasi oleh insan olahraga Tanah Air. Adapun peluncuran jersey home dan away untuk Timnas Indonesia sendiri nantinya baru akan dilakukan pada Maret 2024.

"Terima kasih sebelumnya saya ucapkan kepada Pak Erick yang sudah mempercayakan Erspo. Jadi secara resmi hari ini kita akan memperkenalkan brand baru yang namanya Erspo. Erspo itu identitas yang berbeda dari Erigo," jelas Sadad.

"Kita ingin serius di industri sportswear. Mudah-mudahan ini dapat diapresiasi oleh insan pecinta bola di Indonesia," sambungnya saat menghadiri konferensi pers di bilangan Sudirman, Senin (22/1/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.