Sukses

Kiper Manchester United, Andre Onana Dapat Kritik Pedas dari Emmanuel Adebayor

Andre Onana tidak bisa tampil pada laga perdana Timnas Kamerun di Piala Afrika 2023.

Liputan6.com, Jakarta Penjaga gawang Manchester United, Andre Onana menuai kritik karena terlambat bergabung ke timnas Kamerun di Piala Afrika 2024. Mantan pemain Arsenal, Emmanuel Adebayor menganggap mantan kiper Inter Milan tersebut sama sekali tidak menghargai negaranya.

Andre Onana kembali dipanggil memperkuat timnas Kamerun pada Piala Afrika yang berlangsung di Pantai Gading. Namun Onana tidak bisa bergabung sejaak awal. Dia baru bergabung dengan rekan-rekannya setelah memperkuat Manchester United melawan Tottenham Hotspur di Liga Inggris, pada Minggu (14/1/2024). Pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 2-2.

Onana pun terpaksa melewatkan pertandingan pertama Kamerun di Piala Afrika yang digelar dua hari kemudian. Ironisnya, Kamerun ditahan imbang Gunea dengan skor 1-1.

Emmanuel Adebayor pernah di posisi yang sama. Pemain asal Togo itu juga tidak jarang dihadapkan pada pilihan antara klub dan timnas. Seperti diketahui, semasa aktif menjadi pemain, Adebayor juga pernah bermain untuk tim-tim elite Eropa seperti, Arsenal hingga Manchester City.

Nah menurut Adebayor, Onana seharusnya lebih mementingkan timnas ketimbang klub.

"Dia (Onana) tidak menghormati Kamerun. Saat jadi pemain seperti dia dan menjadi pemain paling dibutuhkan di tim, saya tidak pernah bertindak seperti ini (tiba sehari setelah pertandingan)," kata Adebayor kepada Sport News Africa dialnsir dari AllezLesLions.

“Fakta bahwa situasi ini terjadi menunjukkan bahwa ada masalah, bahkan mungkin di dalam federasi. Dia berisiko mengalami kekalahan besar, karena dia telah mengasingkan diri dar fans Kamerun, serta banyak suporter Afrika dan tidak diragukan lagi beberapa anggota tim."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Andre Onana Rela Dikritik

Onana tentu saja membantah tudingan seperti ini. Dia telah menegaskan lagi komitmennya terhadap Kamerun. Hanya saja, Onana menolak banyak bicara agar lebih fokus menghadapi Piala Afrika 2024. "Banyak yang ingin saya katakan tetapi saya tidak akan mengatakannya di sini karena kami berada dalam kompetisi. Biarkan saya terus dikritik, saya sudah terbiasa."

“Saya melakukan apa yang baik untuk negara saya. Ini seperti memilih antara ayah dan ibu, tapi negara saya yang diutamakan; itu sebabnya saya di sini. Kita bersama. Kami di sini untuk memenangkan [turnamen],” kata Onana menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Pelatih Kamerun Bela Onana

Terpisah, pelatih Kamerun, Rigobert Song juga membela Onana. Dia menyampaikan alasan utama tidak menurunkan kiper berusia 27 tahun itu saat bertemu Guinea.

"Kami semua tahu bahwa [Onana tidak akan bermain],” kata Song.

"Kami harus tetap berpegang pada logika kami. Dia tiba pada jam 4 pagi, bagaimana menurut Anda dia akan bermain? Dia bagian dari grup. Dia gabung dengan kami pada jam 4 pagi jadi dia bagian dari skuad. Masih ada sisa kompetisi, dan saya akan bertahan dengan kekuatan penuh."

Saat ini, Kamerun masih berada di posisi ketiga klasemen grup C dengan poin 0. Pada pertandingan berikutnya, Kamerun akan berhadapan dengan Senegal dan Gambia.

Jika Kamerun gagal lolos, maka Onana berpotensi kembali untuk pertandingan Man United berikutnya - pertandingan tandang putaran keempat Piala FA melawan Newport County.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.