Sukses

Lawan Jepang Terlebih Dahulu di Piala Asia 2023, Pelatih Vietnam Philippe Troussier Sudah Ketar-ketir

Pelatih Vietnam Phillippe Troussier mengaku sulit untuk meraih poin lawan Jepang. Dia lebih suka untuk membidik kemenangan lawan Irak dan Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Vietnam akan mengawali Piala Asia 2023 dengan menghadapi Jepang pada Minggu (14/1/2024). Vietnam satu grup dengan Jepang dan juga Indonesia dan Irak pada grup D Piala Asia 2023.

Langsung jumpa Jepang di laga pertama grup D Piala Asia 2023 membuat pelatih Vietnam Philippe Troussier ketar-ketir. Dia menilai peluang timnya menang lawan Jepang sangat kecil.

"Kami melakoni laga pertama lawan Jepang. Kalau Anda memikirkan soal kemungkinan menang, kalau kami lawan Jepang 10 kali, kami akan kalah 9 kali," ujar Troussier seperti dikutip Best Eleven.

Pelatih asal Vietnam itu realistis soal peluang menang lawan Jepang. Dia lebih realistis kalau bicara peluang menang lawan Irak atau Indonesia.

Seperti Timnas Indonesia, Vietnam juga kurang meyakinkan jelang Piala Asia 2023. Mereka kalah 1-2 dari Kirgistan pada laga uji coba pada 9 Januari lalu.

Meski begitu, Vietnam masih bisa memetik satu kemenangan di laga terakhir. Itu diraih Vietnam saat menang 2-0 atas Filipina di kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Pemain yang Dicoret Philippe Troussier

 

Satu pemain yang tidak dibawa oleh Troussier ke Piala Asia 2023 yaitu Nguyen Cong Phuong. Striker Yokohama FC ini tetap memantau peluang timnya teruma jelang lawan Jepang.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam sempat menyulitkan Jepang saat masih dilatih Park Hang Seo. Vietnam sempat menahan Jepang 1-1, tapi kalah 0-1 di kandang.

"Vietnam hanya punya peluang kecil, perbedaan skill antara kedua tim begitu besar," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

 

Kiper: Nguyen Filip, Nguyen Dinh Trieu, Nguyen Van Viet

Bek: Do Duy Manh, Vo Minh Trong, Ho Tan Tai, Giap Tuan Duong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Vu Van Thanh, Bui Hoang Viet Anh, Khuat Van Khang

Gelandang: Do Hung Dung, Nguyen Tuan Anh, Truong Tien Anh, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son, Nguyen Hai Long, Nguyen Quang Hai, Le Pham Thanh Long, Trieu Viet Hung

Striker: Nguyen Van Toan, Pham Tuan Hai, Nguyen Dinh Bac, Nguyen Van Tung

 

4 dari 4 halaman

Head to Head Jepang vs Vietnam

16 Jul 2007 Vietnam v Japan L 1-4 AFC Asian Cup

07 Oct 2011 Japan v Vietnam L 1-0 International Friendly

24 Jan 2019 Vietnam v Japan L 0-1 AFC Asian Cup

11 Nov 2021 Vietnam v Japan L 0-1 FIFA World Cup

29 Mar 2022 Japan v Vietnam D 1-1 FIFA World Cup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.