Sukses

Jadwal Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2023/24

Sebanyak 16 tim berhasil lolos ke fase knock out Liga Champions 2023/24.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim dipastikan melaju ke fase knock out Liga Champions 2023/2023. UEFA selanjutnya akan menggelar proses pengundian untuk menentukan tim-tim yang akan bertanding.

Tim-tim yang lolos ke babak 16 besar merupakan juara dan runner up dari masing-masing grup di babak penyisihan. Tiga wakil LaLiga, yakni Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona sukses melaju ke fase ini. Sementara Liga Inggris hanya meloloskan dua tim, yakni Manchester City, Arsenal. 

Bundesliga juga sama. Dua tim asal Jerman yang masih bertahan adalah Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. Sedangkan Serie A bakal diwakili tiga tim, yakni Lazio, Inter Milan, dan Napoli. 

(Untuk mengetahui daftar selengkapnya, silahkan klik tautan ini).   

Selanjutnya, tim-tim yang menjadi juara grup bakal diundi untuk bertemu tim peringkat kedua. Hanya saja, dua klub yang berasal dari negara yang sama tidak akan bisa dipertemukan di fase ini. 

Begitu juga dengan dua klub yang berasal dari grup yang sama. 

Lalu kapan drawing Liga Champions fase knock out diadakan?

Acara pengundian akan dilakukan di markas UEFA di Nice, Swiss, pada 18 Desember 2023. Drawing digelar pada pukul 12.00 CET atau pukul 18.00 WIB.

Sementara itu jadwal pertandingan 16 besar Liga Champions 2023/2024 akan digelar pada Februari dan Maret 2024. Leg pertama 16 Besar Liga Champions akan berlangsung pada 13-14 dan 20-21 Februari 2024. Sedangkan pertandingan leg kedua digelar pada 5-6 dan 12-13 Maret 2024.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momen Anak Bertemu Bapak

Sebagai salah satu tim yang lolos ke babak 16 besar, Atletico Madrid berpeluang bertemu Napoli yang menjadi runner up Grup A. Ini sekaligus menjadi momen pertarungan ayah dan anak. 

Keberhasilan Atletico melaju ke fase knock out memang tidak hanya membuat sang pelatih, Diego Simeone senang. Anaknya, Giovanni yang bermain di Napoli juga antusias menyambutnya. Bahkan, Giovanni berharap, dia bisa bertemu dengan tim yang ditangani ayahnya pada babak 16 besar nanti.

"Dia (Giovanni) menginginkannya," ujar Simeone kepada Sky Sport Italia.

"Saat ini, dia belum tampil reguler dan berharap bisa tampil seperti pemain lainnya. Napoli adalah klub hebat dan menjalani musim dengan hebat; mereka berkembang dengan pelatih barunya," bebernya.

Seperti halnya Atletico, Napoli juga sukses mendapatkan satu tiket ke fase knock out. Wakil Serie A tersebut berhasil lolos sebagai runner up grup C dengan koleksi 10 poin dari enam pertandingan.

 

3 dari 3 halaman

Kekuatan Tim Merata di Babak 16 Besar

Namun Napoli menurut Simeone bukan satu-satunya tim berat yang menanti mereka.

"Kami juga bisa saja bertemu PSG atau Copenhagen. Tim manapun di babak 16 besar adalah kuat, jadi kami perlu berlari, rendah hati, dan percaya dengan kerja yang kami lakukan," beber Simeone.

Sementara itu, Simeone menyambut gembira keberhasilan timnya mengalahkan Lazio. Dalam duel ini, Atletico menang lewat dua gol yang dicetak Antoine Griezmann menit ke-6 dan Samuel Lino menit 51'.

"Kami beruntung bisa mencetak gol di kesempatan pertama kami. Di babak pertama, Lazio tidak memberikan kami ruang untuk melakukan transisi dengan cepat, tapi di babak kedua kami mencoba memberi tekanan kepada full-back mereka. Kami menjaga bola dan menutupnya dengan gol kedua."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.