Sukses

Tingkatkan Minat Wanita Ikut Balapan, IMI Gelar Women In Motorsport Festival

IMI berharap pembalap wanita di Indonesia akan semakin banyak tak hanya didominasi pria.

Liputan6.com, Jakarta- Guna meningkatkan para wanita mengikuti balapan, Indonesia Ikatan Motor Indonesia (IMI) membuat terobosan baru. Pada 10 Desember 2023, IMI menggelar acara yang ditujukan untuk para pembalap perempuan Indonesia bertajuk IMI Women In Motorsport Festival Vol 1 yang digelar di Sentul Otopark.

Acara yang kemas menarik dan milenial itu mampu mengajak puluhan perempuan yang memiliki kecintaan akan dunia balap.

Alexandra Asmasoebrata selaku Ketua Komisi IMI Women in Motorsport menyambut baik acara tersebut, lantaran ingin menginformasikan dan memperkenalkan lebih dalam dunia balap khusus untuk para perempuan.

“Tujuan utama dari acara ini adalah kita mau mengenalkan lebih dalam kepada teman-teman perempuan khususnya, bahwa di dunia balap itu banyak sekali profesi-profesi yang memerlukan atau yang bisa mereka (para wanita) geluti,” kata wanita berusia 35 tahun itu.

“Sebab, selama ini yang kita tahu dunia balap ini didominasi oleh kaum laki-laki jadi kita mau mengajak lebih dalam lagi para perempuan-perempuan untuk terjun dan melihat langsung dunia balap, tidak hanya menjadi pebalap, tapi mereka tahu dibalik kemudi ataupun dibalik sebuah tim itu banyak profesi-profesi lain yang memiliki peran penting di dalam industri balap,” sambungnya.

Acara yang diikuti 45 peserta dari usia 12 sampai 30 tahun tersebut semakin menarik dengan beberapa kegiatan seperti Slalom Coaching Season, Coordination & Reaction Game, Simulator Racing, Drag Fest Pitwalk Experience, dan Career Talk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cetak Pembalap Wanita Lebih Banyak

“Kita mengundang 45 peserta perempuan ke sini (IMI Women In Motorsport Festival Vol 1), animonya sangat baik sekali. Karena kita buka pendaftaran itu sampai 75 dan kita harus tutup dan berhasil diseleksi jadi kita dapat sebanyak 45 peserta hari ini,” kata Andra sapaan akrab Alexandra.

“Jadi di sini para peserta dapat mencoba balap dengan mobil slalom, jadi kita bisa lihat mereka diuji dan praktik dengan rintangan slalom,” tambahnya bersemangat.

Dibalik berlangsungnya acara ini, Alexandra dan tim berharap olahraga ini mendapat tempat di hati para perempuan di seluruh Indonesia.

“Pastinya ini adalah salah satu pintu, dan kita ingin sekali adanya regenerasi pembalap perempuan di indonesia, tapi di sini kita tidak fokus kepada pembalap saja. Jadi kita mau mereka (para perempuan) tahu jika di dunia balap itu ada juga mekanik perempuan, tim ownernya ada juga yang perempuan, physical trainner ada juga yang perempuan, ada juga tim programmernya yang wanita dan masih banyak lagi, jadi kita perkenalkan semuanya di sini balapan itu nggak hanya pembalap loh dan nggak hanya laki-laki. Kita mengenalkan profesi yang nggak hanya si pembalapnya,” terangnya.

3 dari 3 halaman

Jadi Event Rutin Tahunan

IMI Women In Motorsport Festival rencananya akan rutin digelar “Di Vol 1 ini kita angkat Slalom dan Simulator dan beberapa kegiatan pendukung lainnya. Dan rencanya kita akan hadirkan olahraga mobil lainnya di vol 2,” kata Alexanddra. Alexandra berharap dengan adanya acara seperti ini dapat meningkatkan minat perempuan Tanah Air yang memiliki kegemaran dengan dunia balap.

“Kalau dari saya sebagai seorang pembalap, saya ingin sekali banyak pembalap-pembalap lainnya bermunculan, jujur pembalap perempuan itu ada saat ini tapi nggak menjamur nggak cepat growingnya, kadang ada kadang ngak ada. Dan dengan adanya event ini, aku berharap semua orang bisa mencoba. Kalau dari IMI sendiri, event ini temasuk event yang didukung langsung oleh IMI yang berharap ini menajadi event jangka Panjang,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini