Sukses

Jelang Lawan Irak, Asnawi Mangkualam Sebut Timnas Indonesia Bidik Kemenangan

Timnas Indonesia menghadapi Irak di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023) pukul 21.45 WIB. Kapten Indonesia Asnawi Mangkualam mengaku siap berlaga di hadapan puluhan ribu penonton guna raih kemenangan pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Irak di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023) pukul 21.45 WIB. Kapten Indonesia Asnawi Mangkualam mengaku siap berlaga di hadapan puluhan ribu penonton guna raih kemenangan pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

“Kalau yang kita tahu, memang kualitas Irak di atas kita. Tetapi kita tidak memikirkan itu, kita akan bermain saja sesuai dengan apa yang sudah pelatih inginkan dan kita menargetkan kemenangan di pertandingan nanti,” ucapnya dikutip di situs PSSI.

Asnawi juga menyebut dirinya tidak merasa takut dengan kekuatan Irak, yang saat ini menempati peringkat 68 dunia FIFA. Dia yakin bahwa strategi dari pelatih Shin Tae-yong akan berjalan baik dengan harapan membawa pulang tiga poin.

Bertanding melawan Irak memang menjadi tantangan berat bagi Tim Garuda. Rekor pertemuan pun menunjukkan itu. Sejak tahun 1968, kedua tim sudah bersaing sebanyak 11 kali. Dari total pertemuan tersebut, Timnas Indonesia hanya mampu menang dua kali, bermain imbang tiga kali, dan mengalami enam kekalahan.

Menanggapi pada statistik yang tidak begitu menguntungkan bagi Indonesia, pelatih Shin Tae-yong menyatakan bahwa ia tidak terlalu mempermasalahkan catatan pertemuan tersebut.  

"Jujur, saya tidak tahu statistik historis. Tapi apa yang terjadi adalah masa lalu. Indonesia sekarang punya pelatih baru yang akan mencoba mengubah sepak bola di sana" ucapnya di jumpa pers sebelum pertandingan, Rabu (15/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asnawi Ikut Kloter Terakhir Sesi Latihan

Pada pagi hari Selasa, Timnas Indonesia menerima tiga pemain tambahan sehingga skuad untuk pertandingan melawan Irak menjadi lengkap dengan 25 pemain.  

Salah satu dari mereka adalah Asnawi Mangkualam Bahar, yang harus tiba sebagai bagian terakhir karena kewajiban memperkuat klubnya Jeonnam Dragons terlebih dahulu. Jeonnam Dragons berhasil mengalahkan Busan IPark dengan skor 3-0 dalam pertandingan lanjutan K League.  

“Ya memang teman-teman lain sudah datang sebelum saya, tetapi karena saya masih ada pertandingan, di hari Minggu kemarin, jadi tidak bisa langsung bergabung, tetapi kondisi saya saat ini Alhamdulillah baik, mungkin sedikit letih saja,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Hanya Bisa Latihan Pemulihan Fisik

Asnawi mengungkapkan bahwa akibat keterlambatannya, ia hanya dapat mengikuti sesi latihan pemulihan fisik bersama rekan-rekan setimnya.  

“Tadi hanya latihan pemulihan fisik, memang satu hari sebelumnya saya ada pertandingan, langsung berangkat ke Turki untuk transit, kurang lebih 11 jam. Lalu langsung berangkat ke Basra,” sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini