Sukses

Bola Ganjil: Orang Suci di Lapangan Hijau, Tidak Pernah Masuk Buku Nakal Wasit

Gary Lineker adalah salah satu orang suci di lapangan hijau. Eks striker Inggris itu tidak pernah masuk buku catatan wasit karena aksi kotor selama menjalani karier di sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Gary Lineker adalah salah satu orang suci di lapangan hijau. Eks striker Inggris itu tidak pernah masuk buku catatan wasit karena aksi kotor selama menjalani karier di sepak bola.

Bermain sebagai penyerang, peluang Lineker menerima kartu kuning atau kartu merah memang lebih kecil ketimbang koleganya yang menjadi bek atau gelandang.

Namun, catatan nol kartu miliknya tetap impresif dan layak diacungi jempol. Terlebih Lineker menjalani lebih dari 650 pertandingan di level klub dan internasional.

Lineker tercatat pernah membela Leicester City, Everton, Barcelona, Tottenham Hotspur, dan Nagoya Grampus Eight. Total dia melakoni 573 partai bagi lima klub tersebut. Lineker juga membela tanah kelahiran di 80 pertandingan. Termasuk partisipasi di empat turnamen besar, yakni dua Piala Dunia dan dua Piala Eropa.

Dengan karier bervariasi tersebut, capaian Lineker dengan bebas kartu menghadapi berbagai karakter wasit dari berbagai penjuru dunia sungguh luar biasa.

Namun, Lineker ternyata bukan satu-satunya pemain yang tidak pernah mendapat kartu kuning atau kartu merah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gentleman Pertama di Sepak Bola

Daftarnya ternyata cukup panjang. Ada dua legenda Everton Dixie Dean dan Tommy Lawton.

Jangan lupakan Stanley Matthews, yang kerap disebut sebagai gentleman pertama di sepak bola. Kiprah Matthews layak dicontoh karena bermain sekitar 700 pertandingan bagi Stoke City, Blackpool, dan timnas Inggris.

Begitu pula Tom Finney, yang memiliki karier panjang bersama Preston North End, Distillery, serta timnas.

3 dari 3 halaman

Sudah Punya Rekan Setim yang Nakal

Billy Wright, John Charles, Jimmy Dickinson, dan Billy Liddell juga bisa berbangga karena tidak pernah diganjar kartu oleh wasit. Padahal karier mereka masing-masing mencakup ratusan pertandingan.

Capaian Eddie Gray juga patut diapresiasi. Terlebih dirinya merupakan bagian skuad Leeds United yang bermain keras menjurus kasar pada 1960-1970an.

“Kami sudah punya banyak pemain yang tidak ragu ‘membereskan’ lawan,” ujar Gray dikutip Guardian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.