Sukses

FIA Coret Jakarta dari Kalender Formula E 2024, Ini Penyebabnya

Jakarta dipastikan tidak akan menjadi tuan rumah balapan Formula E tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta Federasi Otomotif Internasional (FIA) resmi merilis kalender balapan mobil.listrik Formula E musim 2024. Yang jadi sorotan, kota Jakarta tidak ada dalam daftar penyelenggara balapan tahun depan.

Formula E sudah dua musim terakhir digelar di Jakarta. Bahkan pada musim 2023, Jakarta mendapat kehormatan menggelar dua seri balapan yang dilangsungkan di Jakarta Internasional E-Prix Circuit yang berada di Ancol.

Awalnya Jakarta sempat masuk dalam kalender sementara Formula E 2024 dimana akan berlangsung 8 Juni. Namun FIA akhirnya tak memasukkan Jakarta saat kalender resmi Formula E 2024 dirilis.

FIA beralasan mencoret Jakarta karena situasi politik. Pada Juni tahun depan akan ada kampanye pemilihan presiden. Dikhawatirkan kampanye pilpres akan mengganggu logistik Formula E.

"Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni, tidak akan berlangsung menyusul pengumuman masa kampanye pemilihan presiden Indonesia yang kebanyakan berlangsung pada bulan Juni. Hal ini akan berdampak pada logistik untuk menyelenggarakan balapan di jalanan Ibu kota pada waktu yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kemungkinan untuk mengadakan balapan di kota ini pada tanggal alternatif," demikian pernyataan resmi Formula E.

Sebagai ganti Jakarta, ada dua kota baru yang dipercaya menggelar Formula E 2024 yakni Tokyo dan Shanghai. Total Formula E 2024 akan berlangsung di 12 kota dan memainkan 16 seri.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota di India Gelar Formula E

Adapun musim kesepuluh Formula E 2024 bakal berlangsung pada 13 Januari di Mexico dan berakhir pada 21 Juli di London. Balapan musim kesepuluh ini bakal berlangsung sebanyak 16 seri.

Sementara itu, Shanghai dan Hyderabad dikonfirmasi akan menjadi kota tuan rumah di musim 10 kejuaraan dunia Formula E setelah mendapat persetujuan pada pertemuan Dewan Olahraga Motor Dunia FIA pada 19 Oktober 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.