Sukses

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Sabar Nantikan Pembahasan Kontrak dengan PSSI

Masa depan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih menjadi tanda tanya besar. Juru taktik asal Korea Selatan itu belum kunjung mendapat kepastian terkait kelanjutan kontraknya bersama Skuad Garuda.

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih menjadi tanda tanya besar. Juru taktik asal Korea Selatan itu belum kunjung mendapat kepastian terkait kelanjutan kontraknya bersama Skuad Garuda.

Secara teknis, durasi kerja Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sejatinya bakal berakhir pada pengujung tahun ini.

Akan tetapi, kabar menyebut sang pelatih masih diminta menukangi Skuad Garuda yang akan tampil di kompetisi Piala Asia 2023 pada awal tahun depan. 

Shin Tae-yong hingga kini belum bisa memberi kepastian mengnai prospeknya bersama Timnas Indonesia. Dia menyebut masalah itu masih dibahas bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan bakal diumumkan secara resmi setelah seluruh proses terselesaikan.

"Kalau masalah itu (kontrak di Timnas Indonesia) mungkin akan diumumkan secara resmi, ya" ujar Shin Tae-yong saat ditemui awak media selepas latihan Timnas Indonesia di Lapangan A GBK, Senayan, Senin (9/10/2023). 

"Jadi sedang dalam pembicaraan juga dengan Pak Erick (Ketua Umum PSSI), ya tunggu saja," tambah juru taktik berusia 52 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Piala Asia 2023 Jadi Ajang Pembuktian STY

Sebelumnya, Ketum PSSI Erick Thohir sudah sempat memberi bocoran terkait masa depan Shin Tae-yong saat sang pelatih memimpin Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Kala itu, sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN ini menyiratkan bahwa putaran final Piala Asia 2023 di Qatar tahun depan bakal menjadi ajang penilaian sekaligus penentuan masa depan Shin Tae-yong. 

"Kan (dengan) coach Shin kita punya komitmen sampai Juni (di Timnas Indonesia). Jadi penilaian saya nanti di Qatar yang (Piala Asia 2023) senior," papar Ketua Umum PSSI saat ditemui di Stadion Madya, GBK, Senayan pada awal September lalu.

3 dari 3 halaman

Fokus Kualifikasi Piala Dunia 2026

Terlepas dari situasi kontraknya yang belum pasti, Shin Tae-yong saat ini tengah berfokus menangani Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei Darussalam. 

Pelatih asal Korea Selatan itu berjanji bakal membawa anak-anak asuhnya tampil maksimal dan mencetak banyak gol, terutama saat melakoni laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/9/2023). 

"Memang pastinya banyak yang penasaran, permainan (Timnas Indonesia) akan seperti apa, mungkin bisa nonton langsung nanti tanggal 12 di lapangan," ujar Shin Tae-yong di Lapangan A, Kompleks GBK, Senayan Senin (9/10/2023). 

"Ini kita (pertandingan) home, jadi bagaimana pun caranya kita akan maksimalkan cetak gol. Dengan begitu saya bersama tim bisa berangkat ke Brunei dengan serileks mungkin," tandasnya kepada awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.