Sukses

Mantan Juara Dunia IBA Ongen Saknosiwi Bakal Comeback di Byon Combat Showbiz Vol. 3

Petinju yang pernah meraih sabuk juara dunia kelas bulu versi International Boxing Association (IBA), Ongen Saknosiwi, bakal comeback dalam gelara Byon Combat Showbiz Vol. 3 pada 22 Juni 2024. Siapa yang jadi lawannya?

Liputan6.com, Jakarta - Petinju yang pernah merebut sabuk juara dunia kelas bulu versi International Boxing Association (IBA), Ongen Saknosiwi, bakal kembali menjajaki pertarungan di ring dalam perhelatan Byon Combat Showbiz Vol 3.

Acara yang digelar di Tennis Indoor, Senayan, pada 22 Juni mendatang itu rencananya akan mempertemukan Ongen dengan petarung asal Filipina.

Sebagaimana diketahui, nama Ongen sempat jadi buah bibir menyusul kenberhasilannya merebut sabuk juara dunia kelas bulu versi IBA pada 2019 lalu. Kala itu, Ongen memenangkan duel kontra Marco Demecillo asal Filipina di Jatim Park 3 Kota Batu, Malang.

Prestasi tersebut diraih Ongen Saknosiwi setelah ketiga juri yang betugas memberikan angka kemenangan kepada petinju asal Maluku. Alhasil, mengutip laporan Antara, dia sempat dinobatkan sebagai juara dunia tercepat karena berhasil meraih gelar hanya dari 8 laga profesional.

Sayangnya, Ongen Saknosiwi sudah cukup lama tak mengecap pertarungan resmi di atas ring tinju. Petarung yang tergabung dalam Dirgantara Boxing Club milik TNI AU itu trakhir kali naik ring pada 1 Juli 2022.

Praktis ajang Byon Combat Showbiz Vol. 3 pun bakal menandai comeback-nya dalam panggung profesional. Ongen diagendakan bertarung melawan fighter Filipina dalam undercard event yang digelar 22 Juni mendatang.

"Ongen ini sudah pernah pegag sabuk WBC Asia dan IBA juara dunia. Dia juga pernah masuk di ranking 80 dunia dari ribuan petinju. Dia punya statistik 10 kali menang, dengan 9 KO dan 1 by decision," ucap CEO Byon Combat Yoshua Marcellos dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

"Di titik ini, tidak ada nama lain yang terbesit di pikiran kami selain Ongen. Dia sebenarnya sudah 2 tahun tidak tanding karena COVID dan lain sebagainya, jadi kami coba ingin bangunkan lagi di ajang ini," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Ongen Jadi Juara Dunia

Menariknya, tak hanya memberi wadah tanding buat sang petarung, Byon Combat Showbiz Vol. 3 juga bakal menandai titik awal upaya Yoshua Marcellos dan kawan-kawan mengantar sang petarung jadi juara dunia.

Cellos menjelaskan, pihaknya telah merancang proyek yang bertujuan mendorong Ongen hingga berhasil meraih sabuk juara dunia versi WBO, WBA, WBF, dan WBC. Adapun seluruh proses ini bakal didokumentasikan hingga membentuk film dokumenter untuk ditayangkan ketika sang petarung sukses mewujudkan targetnya.

"Project Ongen ini akan direkam, akan mejadi dokumenter pertama (yang isinya) Road to Juara Dunia. Jadi ini diproyekkan supaya film dokumenternya dirilis ketika Bung Ongen jadi juara dunia," ucap Cellos kepada awak media.

"Dia sudah pernah juara dunia, tapi sabuk IBA. Kita akan incar 4 sabuk papan atas lain yaitu WBO, WBA, WBF, dan yang paling bergengsi WBC," sambung CEO Byon Combat.

3 dari 4 halaman

Masih Cari Lawan untuk Ongen

Lebih lanjut, Cellos menjelaskan, meski hampir pasti berasal dari Filipina, pihaknya sampai saat ini masih mencari fighter yang tepat sebagai lawan Ongen. Kandidatnya merupakan sesama petunju profesional dan akan turut digandeng ke Tennis Indoor, Senayan, pada 22 Juni 2024.

Ongen sendiri mengakui bahwa dia memang sudah lama tidak bersaing secara profesional di ring tinju. Kendati demikian, mantan peraih sabuk uara dunia kelas bulu IBA memastikan dirinya tetap kompetitif lantaran rutin berlatih di camp.

"Saya memang sudah tidak bertanding 2 tahun, terakhir tanding 1 Juli 2022, dua kali. Tapi kami di Mabes TNI Dirgantara Boxing Club, latihan setiap hari. Prioritas kami di sana hanya latihan dan latihan," ucap Ongen dalam konferensi pers Senin (6/5/2024).

"Untuk lawan, mungkin dalam minggu ini sudah bisa kami dapat. Kami akan pelajari permainan lawan seperti apa dengan pelatih. Lalu tanggal, 13 kami akan ke Kalimantan untuk persiapan di sasananya bang Daud Yordan," katanya lagi.

"Proyek Ongen tidak jadi beban buat saya karena saya sudah dikasih panggung, dikasih kesempatan. Jarang orang Indonesia mendapat kesempatan ini, makanya saya akan pergunakan kesempatan sebaik mungkin," tandas mantan peraih sabuk kelas bulu versi IBA itu.

4 dari 4 halaman

Byon Combat Showbiz Vol. 3 Tayang di Vidio

Sekadar informasi, acara Byon Combat Vol. 3 akan ditayangkan secara eksklusif di platform OTT Vidio pada 22 Juni mendatang. Penggemar tinggal membeli paket berlangganan yang dibanderol seharga Rp20 ribu, di luar pajak.

Adapun penonton yang ingin menyaksikan langsung gelaran di Tennis Indoor Senayan juga dapat membeli tiket pertandingan mulai bulan ini. Byon Combat Vol. 3 membuka penjualan 4.700 tiket bagi penggemar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.