Sukses

Irlandia dan Inggris Raya Selangkah Lagi Amankan Tuan Rumah Euro 2028

Turki mundur dari kandidat tuan rumah Piala Eropa atau Euro 2028.

Liputan6.com, Jakarta UEFA segera menetapkan tuan rumah kejuaraan Piala Eropa atau Euro 2028. Dua nama yang tersisa kini tinggal selangkah lagi resmi menjadi tuan rumah.

Dilansir dari Goal.com, komite eksekutif UEFA bakal bersidang di Swiss, Selasa (10/10/2023). Menurut laporan Athletic, otoritas sepak bola Benua Biru itu bakal menetapkan negara yang menjadi penyelenggara Piala Eropa 2028 mendatang.

Saat ini, hanya dua negara yang tersisa, yakni Republik Irlandia dan Inggris Raya. Sementara Turki yang sempat mengajukan diri memutuskan untuk mundur pekan lalu. Turki selanjutnya ingin mengincar tuan rumah Euro 2032 bersama dengan Italia.

Dengan demikian, UEFA pun tinggal mengetuk palu. Lima negara yang menjadi bagian dari Irlania dan Inggris Raya bakal ambil bagian dalam turnamen empat tahunan itu. Mereka terdiri dari Republik Irlandia, Irlandia Utara, Inggris, Wales, dan Skotlandia.

Sebanyak 10 stadion bakal menjadi lokasi pertandingan. Enam di antaranya berada di Inggris, yakni Wembley, Tottenham Hotspur Stadium, Etihad, St James’ Park, Villa Park, dan Bramley-Moore Dock yang ikut diusulkan oleh Everton.

Setelah Wembley menjadi arena semifinal dan final Euro 2020, Inggris pun jadi tuan rumah untuk seluruh pertandingan Piala Eropa untuk kali pertama sejak tahun yang 1960 lalu.

Euro atau Piala Eropa merupakan kejuaraan antarnegara Benua Biru yang sudah berlangsung sejak 1958 lalu. Tahun ini, event empat tahunan ini sudah memasuki edisi ke-19 di mana babak utama berlangsung di Jerman. Sebanyak 24 negara yang lolos dari babak kualifikasi bakal ambil bagian pada kejuaraan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inggris Nyaris Jadi Juara Euro 2020

Inggris sendiri nyaris menjadi juara pada Piala Eropa 2020 lalu. Saat itu, Thee Lions yang tampil perkasa sejak babak penyisihan sangat diunggulkan untuk meraih trofi yang sudah lama tidak mereka raih. 

Sayang, ambisi membawa kembali sepak bola ke Tanah Inggris seperti nyanyian suporter Thee Lions 'Football is Coming Home', ambyar. Di babak final yang justru berlangsung di kandang sendiri, Inggris kalah dari Italia 2-3 lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. 

Inggris kembali mencoba peruntungannya di Piala Eropa 2024. Saat ini, Three Lions tengah menjalani babak kualifikasi dan berada di urutan pertama pada klasemen C dengan torehan 13 poin dari 5 laga. 

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan Irlandia Tersendat di Kualifikasi

Sementara itu, perjalanan Irlandia menuju Euro 2024 tidak semulus Inggris. Berada di Grup B, Irlandia justru terpuruk di posisi keempat dengan torehan 3 poin dari lima pertandingan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.