Sukses

Bawa Man City Raih Treble usai Juara Liga Champions, Pep Guardiola Dicap Manajer Terhebat Sepanjang Masa

Pep Guardiola dipandang sebagai salah satu manajer terhebat sepanjang masa oleh legenda Manchester United (MU) Rio Ferdinand. Hal ini menyusul keberhasilannya mengantar Manchester City meraih treble winners usai mengunci gelar juara Liga Champions 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pep Guardiola dicap sebagai manajer terhebat sepanjang masa oleh legenda Manchester United (MU) Rio Ferdinand. Hal ini menyusul keberhasilannya mengantar Manchester City meraih treble winners usai mengunci gelar juara Liga Champions 2022/2023.

Seperti diketahui, The Citizens sebelumnya telah menyegel dua trofi musim ini. Pasukan Guardiola keluar sebagai juara Premier League setelah mengungguli pesaing terdekatnya, Arsenal, di klasemen akhir.

Erling Haaland dan kawan-kawan juga sukses menyabet gelar Piala FA setelah menaklukkan Setan Merah lewat brace yang dilesakkan oleh Ilkay Gundogan dalam pertandingan final yang dihelat pada Sabtu (3/6/2023) lalu.

Kemenangan atas Inter Milan di partai puncak Liga Champions, Minggu (11/6/2023) dini hari tadi pun melengkapi performa gemilang anak-anak asuh Guardiola di periode 2022/2023.

Dengan hasil ini, Manchester City sukses meraih trofi Si Kuping Besar perdana sekaligus menyejajarkan posisi dengan MU yang pernah meraih treble pada 1999 silam.

Lebih lanjut, keberhasilan The Citizens juga menandai sejarah baru yang diukir Pep Guardiola sebagai manajer. Juru taktik berusia 52 tahun itu menjadi pelatih pertama yang sanggup meraih treble kompetisi Eropa lebih dari satu kali.

Sebagai informasi, ini memang bukan kali pertama Guardiola menyabet treble winners bersama tim yang ditukanginya. Pelatih berkepala plontos itu sebelumnya sukses merebut treble bersama Barcelona di musim 2008/2009.

Guardiola pun sudah masuk dalam daftar eksklusif enam pelatih yang mampu meraih treble di sepak bola Eropa. Adapun selain juru taktik Man City, nama Sir Alex Ferguson, Jose Mourinho, Jupp Heynckes, Luis Enrique, dan Hansi Flick juga tercantum dalam list tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Guardiola Manajer Terhebat Sepanjang Masa Menurut Ferdinand

Pencapaian Guardiola musim ini membuatnya dihujani sanjungan oleh eks pemain Manchester United (MU) Rio Ferdinand.

Pria berusia 44 tahun menilai Guardiola layak disebut sebagai salah satu manajer sepak bola terhebat sepanjang sejarah. Bahkan Ferdinand menilai sang pelatih berhak menyandang predikat itu, meski tanpa memimpin City meraih treble winners.

“Apakah dia (Pep Guardiola) membutuhkan pertandingan ini agar diakui sebagai salah satu (manajer sepak bola) terhebat?” tutur Ferdinand kepada BT Sport, dilansir dari Independent.

“Saya pikir kita semua setuju bahwa dia bahkan tidak membutuhkan (kemenangan ini untuk dipandang sebagai pelatih terhebat) karena (hal itu sudah terlihat dari) cara dia memandang permainan. Dia meminta timnya menampilkan sesuatu yang belum pernah saya lihat seumur hidup saya.”

“Tim ini sudah menyajikan permainan sepak bola yang membuat kagum seluruh dunia. Ini sudah menjadi proyek serta proses jangka panjang selama bertahun-tahun hingga sekarang... Secara kolektif, tim ini sejak akan tercatat dalam sejarah,” tandas dia.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Pep Guardiola usai Raih Treble di Man City

Sebelumnya, Pep Guardiola sendiri juga sempat buka suara pasca keberhasilan meraih treble bersama Manchester City. Juru taktik kelahiran 1971 itu mengaku bangga lantaran bisa sejajar dengan manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson.

“Merupakan suatu kehormata bagi saya untuk berada sejajar dengan Sir Alex Ferguson. Saya mendapat pesan darinya pagi ini. (Pesan) itu menyentuh saya,” tutur Guardiola selepas kemenangan atas Inter Milan di final Liga Champions.

Adapun Sir Alex Ferguson memang sudah lebih dulu menciptakan kejayaan serupa bersama Setan Merah lebih dari dua dekade silam. Adalah dia yang berhasil mengantar Manchester United meraih treble winners pada tahun 1999.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.