Sukses

Solo Dipilih Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23

Timnas Indonesia akan menghadapi China Taipei dan Turkmenistan pada kualifikasi Piala Asia U-23

Liputan6.com, Jakarta Solo akhirnya dipilih PSSI dan AFC untuk menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung pada 4-12 September nanti. Timnas Indonesia seperti diketahui tergabung di grup K dan akan menghadapi China Taipei dan Turkmenistan pada laga kualifikasi nanti.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, kesiapan Stadion Manahan yang dinilai FIFA layak mementaskan laga internasional saat inspeksi Maret lalu dan suporter setia klub kota itu, Persis yang juga militan pendukung timnas harus dimaksimalkan agar ajang itu berjalan sukses

"Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA. Begitu pula suporter Persis yang tak cuma banyak, juga pasti siap mendukung Timnas Indonesia," kata Erick Thohir.

"Jadi tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepakbola Indonesia," dia menambahkan usai meninjau langsung stadion Mahanan.

Karena itu, Erick berharap perhelatan Kualifikasi Grup K yang berisikan Indonesia, Turkmenistan, dan China Taipei tak cuma menghasilkan prestasi bagi timnas Indonesia dengan lolos ke Piala Asia U-23. Dia juga ingin event ini berdampak positif bagi pertumbuhan sektor ekonomi, UMKM, merchandise, kesiapan fasilitas, serta budaya menonton yang tertib, nyaman, dan aman.

"Stadion ini salah satu dari 22 gelanggang yang direnovasi pemerintah agar sesuai standar FIFA. Sesuai pula dengan arahan Presiden Jokowi dan juga blue print PSSI untuk menyiapkan stadion berkualitas demi kepentingan laga internasional, nasional dan liga 1 serta liga 2. Dengan makin banyak stadion kita yang punya kualifikasi FIFA, maka ajang nasional dan internasional akan lebih mudah digelar. Dampaknya, sektor ekonomi tumbuh, UMKM terlibat, sekaligus muncul budaya menonton yang tertib, aman, dan nyaman," jelas Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertarungan Sengit di Kualifikasi Piala Asia U-23

 

Babak kualifikasi akan berlangsung pada 4-12 September 2023 yang diikuti 45 kesebelasan dan dibagi ke dalam sebelas grup. Sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 AFC 2024 yang akan digelar 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar.

Tuan rumah lolos otomatis menggenapi jumlah peserta menjadi 16 tim di putaran final nanti. Piala Asia U-23 AFC 2024 juga menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar dan suporter timnas akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang," pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Timnas Indonesia U-23 Ditangani Indra Sjafri di Kualifikasi Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan hasil undian yang relatif "ringan" di kualifikasi Piala Asia U-23. Berdasarkan pengundian yang dilakukan di AFC House, Kamis (25/5/2023), Indonesia saat grup dengan China Taipei dan Turkmenistan.

Ya, Indonesia mendapatkan durian runtuh karena hanya melawan dua negara saja di kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung di Indonesia nanti. Status menjadi tuan rumah cukup membantu Indonesia dalam mendapatkan lawan mudah.

Hasil pengundian ini disambut gembira Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Dia pun berdoa Indonesia bisa lolos ke Piala Asia U-23.

"Alhamdulillah barusan selesai mengikuti drawing Kualifikasi Piala Asia U-23, di mana kita sebagai tuan rumah grup K.Alhamdulillah kita satu grup dengan Turkmenistan dan Chinese Taipei," kata Indra Sjafri seperti dikutip twitter resmi PSSI.

"Setelah selesai drawing, dari hotel saya langsung ke Masjid Nabawi untuk sholat meminta Indonesia bisa lolos ke putaran final di Qatar tahun depan dan berprestasi di tingkat Asia nantinya."

4 dari 5 halaman

Indra Sjafri Siapkan Skuad Terbaik

Meski berlangsung dalam beberapa bulan lagi, tapi Indra Sjafri bakal langsung bergerak. Pelatih asal Sumatera Barat ini terkenal detail dalam memilih pemain.

Dia juga suka blusukan untuk mencari pemain baru. Namun skuad SEA Games 2023 paling berpeluang untuk dipilih Indra Sjafri nanti.

"Dalam waktu dekat saya segera berdiskusi dengan semua asisten pelatih untuk mencari tahu kekuatan tim lawan," tambahnya.

5 dari 5 halaman

Hasil Pengundian Kualifikasi Piala Asia U-23

 Undian Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 sudah dilakukan AFC pada Kamis (25/5/2023). Timnas Indonesia masuk Grup K dan cuma akan bertemu dua lawan saja.

Drawing babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan diikuti 43 negara. Nantinya, 43 negara tersebut akan dibagi menjadi 11 grup. Jadi, ada satu grup yang hanya dihuni tiga negara. Indonesia yang beruntung mendapat dua lawan saja.

Berbeda dengan grup lain, Grup K hanya berisi tiga tim. Jadi, Indonesia hanya perlu memainkan dua pertandingan untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Chinese Taipei dan Turkmenistan. Di atas kertas, Chinese Taipei menjadi lawan yang bisa dikalahkan Indonesia.

Turkmenistan adalah peserta Piala Asia U-23 2023 lalu. Ketika itu, Turkmenistan mampu lolos dari fase grup dengan status runner-up terbaik. Turkmenistan kandas pada babak 8 Besar, kalah 1-0 dari Australia.

Juara grup akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2023. Lalu, empat runner-up terbaik juga lolos ke putaran final. Satu slot lain menjadi milik Qatar sebagai tuan rumah. Walau sudah pasti lolos, Qatar tetap ambil bagian pada babak kualifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.