Sukses

Gunakan Fast-Charging, Pembalap Formula E Cuma Butuh 20 Menit untuk Isi Daya Kendaraan

Pembalap Formula E Jakarta 2023 rupanya tak butuh waktu terlalu lama untuk mengisi daya kendaraan sebelum siap berlaga di lintasan. Adanya teknologi fast charging yang mereka manfaatkan selama kompetisi membuat tim dan driver hanya perlu waktu kurang lebih 20 menit untuk melakukan pengisian daya.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Formula E Jakarta 2023 rupanya tak butuh waktu terlalu lama untuk mengisi daya kendaraan sebelum siap berlaga di lintasan.

Adanya teknologi fast charging yang mereka manfaatkan selama kompetisi membuat tim dan driver hanya perlu waktu kurang lebih 20 menit untuk melakukan pengisian daya.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini memang tengah kebagian jatah menjadi tuan rumah ajang balap mobil Formula E musim 2022/2023.

Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) diapuk sebagai lokasi pelaksanaan dua seri balapan sekaligus, yakni pada Sabtu (3/6/2023) serta Minggu (4/6/2023).

Pembalap Tag Heuer Porsche Pascal Wehrlein berhasil naik ke podium tertinggi usai mengungguli rival-rivalnya dalam race putaran ke-10 pada Sabtu (3/6/2023) sore WIB.

Sementara itu,  posisi kedua ditempati Jake Dennis dari Avalanche Andretti, disusul driver Maserati MSG Racing Maximilian Gunther yang harus puas menghuni urutan ketiga.

Test and Reserve Driver Porsche, Simona De Silvestre,  pun sempat membeberkan cerita di balik persiapan Pascal Wehrlein bersama tim sebelum menjajal arena balap di Formula E Jakata 2023 hari pertama.

Ia mengeklaim pihaknya sangat terbantu dengan adanya teknologi fast-charging dan kendaraan generasi 3, lantaran tak lagi membutuhkan waktu lama guna mengisi daya kendaraan sebelum menjajal lintasan.

“(Pengisian daya mobil) membutuhkan waktu 20 menit. Itu cukup cepat memang, karena ada (teknologi) fast-charging,” papar Simona saat ditemui di garasi tim Porsche.

“Kalau di gen 1, kami biasanya butuh waktu hampir 2 jam (untuk mengisi daya kendaraan). Sekarang, charger dari ABB sangat bagus jadi prosesnya selesai dengan sangat cepat,” tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi Charger Memungkinkan Efisiensi Waktu di Formula E

Tak hanya soal durasi pengisian daya, SImona juga mengeklaim teknologi charger saat ini berbeda dari Formula E di masa lampau. Mereka kini bisa mengefisiensikan penggunaan waktu lantara proses pengisian daya bisa dilakukan sembari mengatur ulang mobil.

“Dulu, ketika kami melakukan tes (pada kendaraan), rasanya sangat sulit karena kita harus diam dan menunggu lama untuk mengisi daya mobil. Dan masalah itu tidak kami alami lagi sekarang. (Durasi pengisian daya sekarang) jauh lebih singkat,” ujarnya.

“Sekarang juga kami tidak perlu menunggu baterai sampai habis untuk mengisi ulang daya. Kami bisa selalu menge-charge-nya. Jadi ketika kami melakukan perubahan atau set up pada mobil, kita juga bisa sambil menge-charge dan itu benar-benar efisien,” tandas dia.

3 dari 3 halaman

Bidik Hasil Maksimal di Hari 2 Formula E Jakarta 2023

Sekadar informasi, Pascal Wehrlein dari tim Porsche masih akan tampil dalam hari kedua penyelenggaraan Formula E Jakarta 2023.

Perhelatan kali ini memang dilaksanakan secara double header, di mana pembalap akan memainkan dua seri sekaligus di lokasi yang sama.

Pascal optimistis ia dan timnya dapat kembali mendulang hasil positif saat menjajal Jakarta International E-Prix Circuit pada Minggu (4/6/2023). Bekal kemenangan yang didapat di seri sebelumnya nampaknya cukup mendongkrak kepercayaan diri sang pembalap.

“Saya percaya diri (untuk hari kedua Formula E Jakarta). Kami punya mobil yang bagus. Saya pikir, treknya akan sedikit berbeda jadi kami perlu melakukan penyesuaian. Akan tetapi kami tampil kompetitif hari ini (di balapan pertama), jadi semoga saja besok (di balapan kedua) juga demikian,” tutur Pascal selepas race pada Sabtu (3/6/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.