Sukses

Balapan Formula E Jakarta Hari 2: Dapatkan Hasil, Suasana, hingga Komentar Para Pembalap di Sini

Formula E Jakarta 2023 kembali bergulir pada Minggu (4/6/2023). Berbeda dari perhelatan tahun sebelumnya, penyelenggaraan Formula E Jakarta kali ini memang dilaksanakan secara double header alias dua kali berturut-turut. Simak keseruan penyelenggaraan Formula E Jakarta hari kedua melalui artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta Formula E Jakarta 2023 kembali bergulir pada Minggu (4/6/2023). Berbeda dari perhelatan tahun sebelumnya, penyelenggaraan Formula E Jakarta kali ini memang dilaksanakan secara double header alias dua kali berturut-turut.

Para pembalap yang telah menjajal persaingan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu (3/6/2023), diagendakan tampil lagi di arena yang sama sehari berselang.

Driver Tag Heuer Porsche Pascal Wehrlein membidik hasil apik di balapan ke-11. Seperti diketahui, pembalap berusia 28 tahun itu sebelumnya berhasil finis terdepan dalam race ronde 10 Formula E Jakarta yang dihelat pada Sabtu (3/6/2023) sore WIB.

Pascal berhak naik ke podium tertinggi usai mengungguli rival-rivalnya Jake Dennis (Avalanche Andretti) dan Maximilian Gunther (Maserati MSG Racing), yang harus puas menempati urutan kedua serta ketiga.

Pascal menilai keberhasilannya menjadi juara di hari pertama Formula E Jakarta 2023 tak lepas dari adanya kerja sama yang baik dalam tim Porsche. Sang pembalap pun berharap ia dan timnya dapat kembali tampil kompetitif kala menjajal arena balap hari ini.

Motorsport selalu soal kerja sama tim, dan kami melakukan pekerjaan yang sangat baik (di balapan pertama). Mobilnya sangat bagus. Bisa menyelesaikan kualifikasi di posisi 3 juga sangat bagus, dan di balapan kami melakukan semuanya dengan sangat baik. (Untuk balapan selanjutnya), kami akan mencoba hal yang sama,” tutur Pascal kepada awak media.

Memasuki hari kedua Formula E Jakarta 2023, simak keseruan penyelenggaraan, lengkap dengan jadwal, hasil serta komentar para pembalap pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Formula E Jakarta 2023 Dihadiri Nama Besar

Sejumlah sosok ternama terlihat memeriahkan jalannya Formula E Jakarta 2023 hari pertama. Maklum, kompetisi ini memang merupakan ajang bergengsi internasional yang cukup digandrungi, setelah perdana digelar di Jakarta pada 2022 lalu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu nama besar yang menampakkan diri di ajang Formula E Jakarta 2023 pada Sabtu (3/6/2023). Ia menonton bersama fans Formula E lain dari grandstand dengan didampingi keluarganya.

Tak cuma Anies, klub yang bermain di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga 1, Persikabo 1973, juga turut mengirim skuadnya untuk memeriahkan gelaran Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit pada Sabtu (3/6/2023).

Menariknya, tim asal Bogor itu kompak datang membawa skuad lengkap berisikan 45 orang, yang terdiri atas pemain, staf pelatih, hingga ofisial tim.

Beberapa pemain kenamaan, mulai dari Syahrul Trisna Fadillah, Gilang Ginarsa, hingga Guntur Triaji ikut dalam rombongan. Mereka jua menyaksikan balapan dari tribun grandstand 2E, seperti halnya Anies Baswedan.

3 dari 8 halaman

Jadwal Hari ke-2 Formula E Jakarta 2023

Minggu, 4 Juni 2023

  • 08.10 – 08.40 WIB: Latihan Bebas 2
  • 10.40 – 11.55 WIB: Babak Kualifikasi
  • 12.35 – 13.10 WIB: Sesi Jumpa Fans (Autograph Session)
  • 15.04 WIB: Balapan (Race)
  • 16.00 – 16.30 WIB: Podium
4 dari 8 halaman

Hasil Latihan Bebas Formula E Jakarta Hari 2

Pembalap Maserati MSG Racing Maximilian Gunther kembali menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas pada Minggu (4/6/2023). Seperti diketahui, Gunther sebelumnya berhaisl menyabet posisi terdepan dalam kualifikasi Sabtu (3/6/2023) kemarin, hingga mendapat privilese start di urutan pertama saat race sore hari.

Situasi kontras dialami oleh Pascal Wehrlein. Ia yang berhasil naik ke podium tertinggi seri ke-10 belum mampu tampil bagus saat latihan bebas. Pascal hanya mampu menempati urutan keenam. Ia masih tertinggal dari Dennis, Mortara, Fenestraz, dan Sam Bird yang menempati lima besar.

Simak hasil lengkap latihan bebas hari kedua Formula E Jakarta 2023 berikut ini.

1. M Gunther

2. Jake Dennis

3. E Mortara

4. S Fenestraz

5. Sam Bird

6. Pascal Wehrlein

7. Sette Camara

8. N Nato

9. Stoffel Vandoorne

10. D Ticktum

11. Jean Eric Vergne

12. A Da Costa

13. M Evans

14 N Muller

15. Sebastien Buemi

16. Lucas Di Grassi

17. Nick Cassidy

18. R Frijns

19. J Hughes

20. R Ras

21. D Beckmann

22. Robert Merhi

5 dari 8 halaman

Anies Baswedan Hadir di Formula E Jakarta

Ajang Formula E Jakarta 2023 resmi menyelesaikan perhelatan hari pertama pada Sabtu (3/6/2023) kemarin. Kompetisi balap mobil listrik seri ke-10 itu ditutup dengan kemenangan driver Tag Heuer Porsche Pascal Wehrlein.

Pembalap berusia 28 tahun itu berhak naik ke podium tertinggi usai mengungguli rival-rivalnya dalam race yang dihelat di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol.

Sementara itu posisi kedua ditempati Jake Dennis dari Avalanche Andretti, disusul driver Maserati MSG Racing Maximilian Gunther yang harus puas menghuni urutan ketiga.

Sejumlah sosok ternama hadir memeriahkan jalannya Formula E Jakarta 2023. Maklum, kompetisi ini memang merupakan ajang bergengsi internasional yang cukup digandrungi, setelah perdana digelar di Jakarta pada 2022 lalu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu nama besar yang menampakkan diri di hari pertama ajang Formula E Jakarta 2023. Ia menonton bersama fans Formula E lain dari grandstand dengan didampingi keluarganya.

Politisi berusia 54 tahun itu mengeklaim kehadirannya bukanlah hasil undangan pihak tertentu. Ia menonton sebagai warga biasa dan mengaku mendukung Mitch Evans (Jaguar TCS Racing) di perhelatan tersebut.

“Enggak, saya enggak diundang (ke Formula E) dan saya memang tidak berharap ada undangan, dan lain-lain. Saya warga biasa, ya,” kata Anies di kawasan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

6 dari 8 halaman

Max Gunther Rebut Pole Positions Lagi

Pembalap Maserati MSG Racing, Maximilian Gunther berhasil merebut pole pada kualifikasi Formula E Jakarta yang berlangsung di sirkuit Ancol, Minggu (4/6/2023). Dia mencatatkan waktu tercepat 1 menit 7,753 detik.

Posisi dua direbut oleh Jake Dennis yang lolos ke final tapi tak mampu mengimbangi kehebatan Gunther dalam mencari waktu lap di final kualifikasi Formula E Jakarta. Posisi tiga diisi Mitch Evans dan Eduardo Mortara.

Kualifikasi Formula E Jakarta seri 11 atau hari kedua seperti diketahui dimulai dengan klasifikasi grup A dan grup B dulu. Dari 11 pembalap, akan diambil 11 tercepat yang akan lolos ke fase duel mulai perempat final sampai final.

Pada kualifikasi grup A, Jake Dennis berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 9,434 detik. Posisi dua diisi Sacha Fenestraz, Mitch Evans ketiga dan Jake Hughes keempat yang jadi tiket terakhir ke fase duel.

Sedangkan kualifikasi grup B, Max Gunther kembali menjadi yang tercepat dengan 1 menit 8,416. Disusul Edoardo Mortaro, pascal Wehrlein dan Stoffel Vandoorne.

 

7 dari 8 halaman

Gunakan Fast Charging untuk Ngecas Mobil Formula E

Pembalap Formula E Jakarta 2023 rupanya tak butuh waktu terlalu lama untuk mengisi daya kendaraan sebelum siap berlaga di lintasan.

Adanya teknologi fast charging yang mereka manfaatkan selama kompetisi membuat tim dan driver hanya perlu waktu kurang lebih 20 menit untuk melakukan pengisian daya.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini memang tengah kebagian jatah menjadi tuan rumah ajang balap mobil Formula E musim 2022/2023.

Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) diapuk sebagai lokasi pelaksanaan dua seri balapan sekaligus, yakni pada Sabtu (3/6/2023) serta Minggu (4/6/2023).

Pembalap Tag Heuer Porsche Pascal Wehrlein berhasil naik ke podium tertinggi usai mengungguli rival-rivalnya dalam race putaran ke-10 pada Sabtu (3/6/2023) sore WIB.

Sementara itu,  posisi kedua ditempati Jake Dennis dari Avalanche Andretti, disusul driver Maserati MSG Racing Maximilian Gunther yang harus puas menghuni urutan ketiga.

Test and Reserve Driver Porsche, Simona De Silvestre,  pun sempat membeberkan cerita di balik persiapan Pascal Wehrlein bersama tim sebelum menjajal arena balap di Formula E Jakata 2023 hari pertama.

Ia mengeklaim pihaknya sangat terbantu dengan adanya teknologi fast-charging dan kendaraan generasi 3, lantaran tak lagi membutuhkan waktu lama guna mengisi daya kendaraan sebelum menjajal lintasan.

“(Pengisian daya mobil) membutuhkan waktu 20 menit. Itu cukup cepat memang, karena ada (teknologi) fast-charging,” papar Simona saat ditemui di garasi tim Porsche.

“Kalau di gen 1, kami biasanya butuh waktu hampir 2 jam (untuk mengisi daya kendaraan). Sekarang, charger dari ABB sangat bagus jadi prosesnya selesai dengan sangat cepat,” tambah dia.

8 dari 8 halaman

Maximilian Gunther Juara Seri Kedua Jakarta E-Prix 2023

Pembalap Maserati MSG Racing Maximilian Gunther menjuarai seri kedua Jakarta E-Prix 2023. Dia tampil dominan di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (4/6/2023).

Memulai balapan dari posisi terdepan seperti sehari sebelumnya, Gunther kali ini tidak tersentuh para pesaing.

Dia dalam posisi nyaman dan hanya bisa ditandingi andalan Avalanche Andretti Jake Dennis. Jarak keduanya pun dipisahkan 2,8 detik. 

Pembalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans melengkapi podium setelah menyelesaikan balapan 18 detik di belakang Gunther.

"Sangat bangga dan senang atas capaian ini. Kemarin juga saya meraih hasil bagus dengan merebut podium. Kinerja kami terus berkembang dalam dua seri terakhir," kata Gunther.

"Meraih kemenangan pertama saya di Jakarta sungguh fantastis. Saya sangat bahagia," sambung Gunther, yang menyelesaikan seri pertama Jakarta E-Prix di urutan tiga.

Pemenang seri pertama Jakarta E-Prix yang berlangsung sehari sebelumnya Pascal Wehrlein dari Tag Heuer Porsche harus puas menempati urutan enam. 

Meski begitu, capaian tersebut cukup untuk membawanya kembali ke puncak klasemen sementara Formula E. Dia unggul satu nilai atas Dennis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.