Sukses

Hasil Liga Inggris Manchester City vs Chelsea: The Citizens Petik Kemenangan usai Dipastikan Kunci Gelar Juara

Manchester City berhasil memetik kemenangan perdananya sejak dipastikan mengunci gelar juara Liga Inggris 2022/2023. The Citizens unggul 1-0 atas Chelsea dalam laga pekan ke-37 yang dihelat di Stadion Etihad pada Minggu (21/5/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Manchester City berhasil memetik kemenangan atas Chelsea setelah dipastikan mengunci gelar juara Liga Inggris 2022/2023. The Citizens unggul 1-0 dalam laga pekan ke-37 yang dihelat di Stadion Etihad pada Minggu (21/5/2023) malam WIB.

Seperti diketahui, anak-anak asuh Pep Guardiola sejatinya sudah tidak butuh tambahan poin untuk merebut gelar juara. Kekalahan Arsenal dari Nottingham Forest Sabtu (20/5/2023) membuat torehan angka City tak terkejar di klasemen Liga Inggris musim ini.

Kendati demikian, kemenangan atas The Blues masih menjadi momen spesial buat The Citizens. Pasalnya, mereka tampil di kandang sendiri dengan disaksikan ribuan suporter yang turut merayakan keberhasilan pasukan Guardiola.

Adapun Manchester City tak menurunkan starting XI terbaiknya saat menjamu Chelsea di Etihad. Pelatih memilih untuk mengistirahatkan pemain-pemain andalan dan memberi kesempatan bagi penggawa yang tak begitu sering dimainkan.

Sejumlah nama langganan seperti Erling Haaland, Kevin De Bruyne, Jack Grealish, dan Ilkay Gundogan pun menjadi penghangat bangku cadangan. Sementara itu, pemain muda Argentina Julian Alvarez didapuk untuk mengawal lini depan.

Kendati demikian, City tetap mampu menunjukkan taring sejak awal laga. Alvarez lamgsung membuka keunggulan bagi kubu tuan rumah di menit ke-12 usai tendangannya yang meneruskan umpan Cole Palmer menembus sudut kanan gawang Kepa Arrizabalaga.

Pemain berusia 23 tahun kembali mendapat kesempatan untuk menggandakan torehan skor timnya tiga menit berselang. Namun, tembakan Alvarez masih mampu diblok, sedangkan Riyad Mahrez gagal memanfaatkan bola rebound yang tercipta.

Chelsea belum mampu mengejar ketertinggalan hingga laga berjalan lebih dari 30 menit. Tak ada peluang terlalu berbahaya yang mampu dihasilkan oleh anak-anak asuh Frank Lampard di depan jaring kawalan Stefan Ortega.

Kesempatan bagus akhirnya didapat The Blues di menit ke-33. Raheem Sterling bergerak menembus kotak penalti City, sebelum mencoba melesakkan bola ke sudut jauh. Malang, upayanya mampu ditangkis dengan sigap oleh Ortega lewat kaki kirinya. Alhasil gol penyeimbang gagal diciptakan oleh tim tamu.

Tak ada gol baru yang tercipta setelahnya. Peluang tendangan bebas dan sepak pojok yang sempat didapat Chelsea gagal dimaksimalkan. Alhasil, skor sementara 1-0 untuk keunggulan Manchester City bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Manchester City vs Chelsea

City berambisi menggandakan keunggulan di babak kedua, sementara Chelsea masih mengais ruang untuk mencetak angka pertama. Namun, kedua tim malah menemui jalan buntu di lima menit awal permainan.

Peluang baru diperoleh The Blues pada menit 51. Lewis Hall melepas tembakan rendah dari tepi kotak penalti, tetapi bola yang dikirimnya mengarah langsung ke tubuh Ortega, sehingga dapat dengan mudah diamankan oleh kiper tuan rumah.

Memasuki menit ke-58, Chelsea dan Manchester City bergantian jual beli serangan. Namun, tak ada gol yang mampu diciptakan oleh kedua kubu.

Barulah pada menit ke-64 The Blues nyaris mencetak angka pertama. Sterling melepaskan tendangan yang menyasar jaring The Citizens. Ortega tengah berada dalam posisi kurang siap, sehingga tak bisa menyelamatkan si kulit bundar.

Beruntung John Stones–pemain yang baru masuk di babak kedua–langsung menendang balik bola sebelum menjebol gawang. Hakim garis juga terlihat mengangkat bendera, sehingga apabila terjadi gol, Chelsea tetap tak mendapat angka tambahan.

Beberapa menit berselang, Manchester City gantian menciptakan bahaya di area pertahanan The Blues. Julian Alvarez lagi-lagi membobol jaring yang dikawal Kepa pada menit 71. Sayang gol ini akhirnya dianulir.

Riyad Mahrez, yang memberikan umpan kepada pemain internasional Argentina, dinyatakan sudah berada dalam posisi offside usai wasit melakukan pengecekan VAR.

Tensi permainan menjadi makin panas mendekati 15 menit akhir waktu normal. Chelsea yang sebelumnya sudah melakukan beberapa pergantian pemain kini disusul oleh City. Pep

Guardiola memasukkan nama-nama penting, yakni Erling Haaland dan Kevin De Bruyne untuk mengambil alih posisi Riyad Mahrez serta Sergio Gomez. Rodri juga dikirim masuk sebagai pengganti Aymeric Laporte.

Sayang upaya kedua tim tak langsung memberi efek signifikan di pengujung laga. Chelsea dan City sama-sama kesulitan membobol gawang masing-masing. Tambahan waktu tiga menit pun belum cukup bagi duo kesebelasan untuk mencetak gol. Skor 1-0 untuk keunggulan The Citizens bertahan sampai bubaran.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Manchester City vs Chelsea

Manchester City: Stefan Ortega; Kyle Walker, Manuel Akanji, Aymeric Laporte, Sergio Gomez; Rico Lewis, Kalvin Phillips; Riyad Mahrez, Phil Foden, Cole Palmer; Julian Alvarez

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Trevoh Chalobah, Thiago Silva, Wesley Fofana, Lewis Hall; Ruben Loftus-Cheek, Enzo Fernandez, Conor Gallagher; Raheem Sterling, Kai Havertz

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.