Sukses

Sepak Bola SEA Games 2023: Jelang Semifinal, Ini Harapan Indra Sjafri untuk Timnas Indonesia U-22

Timnas Indonesia U-22 sukses mengamankan tiket menuju babak semifinal cabor sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Pelatih Garuda Nusantara pun mengungkap harapannya jelang tampil di fase empat besar.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 sukses mengamankan tiket menuju babak semifinal cabor sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Kepastian ini diperoleh usai pasukan Merah Putih menyapu bersih kemenangan di Grup A.

Skuad Garuda Nusantara berjaya 3-0 atas Filipina di laga perdana. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan kembali memetik kemenangan beruntun 5-0 dan 3-0 atas Myanmar serta Timor Leste.

Teranyar, Timnas Indonesia U-22 mampu menumbangkan tuan rumah Kamboja lewat keunggulan 2-1. Catatan ini membuat skuad Merah Putih selangkah lebih dekat dengan podium tertinggi SEA Games 2023.

Adapun selanjutnya, Garuda Nusantara dijadwalkan tampil dalam fase empat besar pada akhir pekan ini. Timnas Indonesia U-22 akan bersua dengan runner-up Grup B, yakni Thailand atau Vietnam, yang masih akan memainkan laga pemungkas, Kamis (11/5/2023).

Pelatih Garuda Nusantara Indra Sjafri pun menungkap harapannya jelang tampil dalam semifinal ajang olahraga multi event se-Asia Tenggara.

Walau rindu menyabet medali emas, juru taktik berusia 60 tahun itu ogah membebani anak-anak asuhnya dengan target. Ia hanya berpesan agar Timnas Indonesia U-22 dapat menikmati setiap pertandingan di SEA Games 2023 Kamboja.

“Semua pemain tidak kami bebankan dengan target. Yang penting mereka enjoy dan main (dengan performa) terbaik,” tutur Indra selepas laga melawan Kamboja pada Rabu (10/5/2023) malam WIB.

“Itu terlihat oleh mereka. Terakhir (dapat) dilihat (dari permainan) hari ini. Saya senang melihat permainan mereka. Saya harap mereka (nantinya) akan (tampil) lebih baik dari game malam ini,” sambung juru taktik berusia 60 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Temukan Susunan Pemain untuk Semifinal

Adapun Indra Sjafri mengaku pihaknya sudah menemukan susunan pemain untuk tampil di babak semifinal SEA Games 2023. Komposisi itu didapat usai melakukan rotasi di setiap laga penyisihan grup A melawan Filipina, Myanmar, Timor Leste, dan Kamboja.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri bersyukur atas pencapaian anak-anak asuhnya. Ia juga mengeklaim pihaknya sudah menentukan komposisi pemain di babak semifinal berkat informasi yang dikumpulkan sepanjang fase grup A.

“Kalau ditanyakan persiapan semifinal, persiapan kami ya itu: dari pertandingan pertama, kedua, ketiga, keempat. Itu adalah persiapan semifinal dan periodisasinya sesuai dengan apa yang kami rancang,” papar Indra, dilansir dari situs resmi PSSI.

“Dari 4 match, kami simpulkan, dapat susunan terbaik timnas untuk hadapi semifinal. Itu berkat dari 4 match (di fase grup). Termasuk lawan Kamboja, hampir 5 pemain kunci tidak dimainkan. Bersyukur dari 20 pemain yang dipiliih, semua tunjukkan kemampuannya,” tandas sang pelatih.

3 dari 3 halaman

Jadwal Semifinal SEA Games 2023

Indonesia masih menunggu lawan yang akan dihadapi dalam semifinal SEA Games 2023. Walau begitu, pertarungan di fase empat besar dipastikan bakal berlangsung pada akhir pekan ini, dengan Garuda Nusantara ditantang oleh runner-up Grup B.

Sabtu, 13 Mei 2023

16.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Runner-up Grup B

19.00 WIB: Juara Grup B vs Timnas Myanmar U-22

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.