Sukses

Safira Dwi Meilani Rebut Emas SEA Games 2023 untuk Indonesia usai Ajukan Banding

Safira Dwi Meilani merebut emas SEA Games 2023 setelah mengajukan banding pada cabang olahraga pencak silat nomor tanding putri kelas B.

Liputan6.com, Jakarta - Pesilat Indonesia Safira Dwi Meilani merebut emas SEA Games 2023 mengajukan banding pada cabang olahraga pencak silat nomor tanding putri kelas B.

Pada laga melawan wakil Vietnam Hoang Hong An Nguyen di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Rabu (10/5/2023), Safira unggul jauh dari lawan dengan skor 61-43. Namun, dengan 18 detik tersisa, pertandingan tiba-tiba diberhentikan dan kemenangan jatuh kepada pesilat Vietnam.

“Pada pertandingan Indonesia melawan Vietnam, ada satu indikasi bahwa wasit juri mengalami human error. Artinya dia tidak tahu aturan/ketentuan perbedaan antara gerakan menarik dan kuncian. Jika itu terjadi maka harus ada proses dan nilai bahwa itu kuncian, dan lawan bertanding itu mengalami beberapa kondisi yang terkait dengan tersebut,” kata manajer timnas pencak silat Indonesia Wahyo Yuniartoto.

“Jadi kita komunikasikan, secara dialogis, memberi pemahaman terkait aturan tersebut, kemudian technical deligate (TD) dan juga dewan telah menentukan bahwa Safira adalah peraih emasnya,” tambahnya dilansir Antara.

Wahyo melanjutkan, dialog itu berlangsung setidaknya dua jam setelah protes dilayangkan ke TD. Ia juga mengonfirmasi bahwa putusan itu menyatakan emas SEA Games 2023 hanya diberikan pada Safira, sementara wakil Vietnam mendapatkan medali perak.

“Emasnya hanya untuk Safira Dwi Meilani, tidak dobel emas, dan Vietnam (dapat) perak,” tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Juara Umum Pencak Silat SEA Games 2023

Tim nasional pencak silat Indonesia keluar sebagai juara umum pada cabang olahraga bela diri pencak silat yang dipertandingkan di SEA Games 2023 Kamboja.

“Dengan ini target juara umum di pencak silat bisa tercapai. Ini semua berkat doa masyarakat Indonesia, berkat izin Yang Di Atas, pencak silat Indonesia menjadi juara umum,” kata Wahyo Yuniartoto.

Tito Hendra Septa Kurnia memastikan emas pamungkas untuk Indonesia usai memenangkan laga di nomor tanding putra kelas E melawan wakil dari Thailand dengan skor telak 67-37.

Kemenangan Tito disambut oleh rekan-rekannya yang telah bertanding dan meraih medali di nomor-nomor pertandingan lainnya dengan sorak-sorai yang tiada habisnya. Tito juga berteriak usai selebrasi dengan membawa bendera Merah-Putih.

 

3 dari 3 halaman

Emas Indonesia dari Pencak Silat SEA Games 2023

Sementara itu, pesilat-pesilat Indonesia Iqbal Candra Pratama (tanding putra kelas F), Jeni Elvis Kause (tanding putri kelas C), Khoirudin Mustakim (tanding putra kelas A), Atifa Fismawati (tanding putri kelas D), Muhammad Zaki Zikrillah Prasong (tanding putra kelas B), dan Safira Dwi Meilani (Tanding Putri Kelas B) menyumbangkan medali emas untuk Kontingen Merah-Putih.

Lebih lanjut, medali perak didapatkan Suci Wulandari (tanding putri U45) Muhamad Yachser Arafa (tanding putra kelas C), Nia Larasati (tanding putri kelas E), Kadek Andrey Nova Prayada (tanding putra kelas D), Bayu Lesmana (tanding putra kelas U45, dan Ririn Rinasih/Riska Hermawan (ganda putri artistik).

Ada pula Ronaldo Neno yang meraih medali perunggu untuk nomor tanding putra kelas I.

Secara total, pencak silat mempersembahkan setidaknya sembilan emas, enam perak, dan satu perunggu untuk Indonesia di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara edisi 32 ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini