Sukses

Jadwal SEA Games 2023: Kontingen Indonesia Berusaha Kejar Ketinggalan

Indonesia terus berusaha memetik medali SEA Games 2023, Rabu (10/5/2023). Para atlet berjuang meraih emas untuk menduduki posisi tiga besar sesuai target.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terus berusaha memetik medali SEA Games 2023, Rabu (10/5/2023). Para atlet berjuang meraih emas untuk menduduki posisi tiga besar sesuai target.

Kontingen Merah Putih berada di peringkat lima klasemen medali SEA Games Kamboja hingga Selasa (9/5/2023) tengah malam. Indonesia mengoleksi 99 medali yang terdiri dari 25 emas, 22 perak, dan 52 perunggu.

Indonesia berkesempatan menambah pundi berdasar jadwal SEA Games 2023 hari ini. Lalu Muhammad Zohri dan kawan-kawan bakal berjuang di nomor estafet 4x100m putra.

Zohri sebelumnya merebut medali perunggu pada debut di nomor 200 meter putra. Pelatih atletik Indonesia Eni Nuraeni mengungkapkan alasan mengapa anak asuhnya debut di nomor tersebut. Menurutnya, catatan waktu Zohri saat berlatih berpotensi menghasilkan medali.

"Jadi kami memutuskan untuk dia turun di nomor 200 meter karena ada peluang medali. Memang ini bukan nomor spesialisya," ujar Eni.

Eni melanjutkan, catatan waktu Zohri kali ini tidak lebih baik dari sebelumnya. Zohri memiliki catatan waktu terbaik untuk nomor 200 meter putra 20,80 detik saat turun di Kejurnas Atletik 2019.

"Mungkin masalah kaki yang dialaminya berpengaruh juga. Catatan waktunya jauh dari sebelumnya. Semoga untuk selanjutnya bisa menorehkan hasil terbaik," pungkas Eni.

Selain atletik, beberapa timnas cabor populer bakal melanjutkan perjuangan demi menggapai emas. Tercatat sepak bola putra, voli putri, serta basket putra dan putri dijadwalkan menghadapi lawan masing-masing pada lanjutan SEA Games Kamboja

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Bulu Tangkis Sudah Kantongi Medali

Dengan tampil di semifinal, tim putri dan putra Indonesia sudah meraih perunggu. Tapi tentu mereka tidak puas dan membidik tiket final demi membuka peluang meraih emas.

Usai menyisihkan tuan rumah Kamboja sehari sebelumnya, tim putri kini ditantang Filipina. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Rionny Mainaky meminta seluruh pemain agar fokus dan tak memikirkan hal lain.

Sebab, Filipina sudah membuat kejutan dengan mengalahkan Malaysia di perempat final SEA Games 2023.

"Kami tidak mau terlalu memikirkan apa yang dilakukan lawan, kami harus fokus saja pada diri masing-masing. Untuk besok karena persiapan sudah bagus," kata Rionny.

"Saya berharap para pemain bisa tampil dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi. Saya rasa kami bisa mengatasi perlawanan tim Filipina," sambungnya.

Sementara tim putra mendapat bye pada putaran pertama. Chicho Aura Dwi Wardowo dan kawan-kawan selanjutnya menghadapi Singapura yang menaklukkan Filipina pada semifinal SEA Games 2023.

3 dari 3 halaman

Timnas Voli Putri Wajib Kalahkan Malaysia

Sementara timnas voli putri wajib meraih kemenangan atas Malaysia jika mau menjaga kans lolos ke semifinal. Situasi ini terjadi setelah timnas dikalahkan Thailand 0-3 (16-25, 16-25, 16-25) pada laga pembuka, Selasa (9/5/2023) sore WIB.

Thailand memang tampil superior di laga kontra Indonesia. Tim Merah Putih dipaksa berada di posisi minor sejak awal pertandingan. Anak-anak asuh Alim Suseno bahkan dibuat tertinggal cukup jauh hingga kedudukan 9-17.

Megawati Hangestri dan kawan-kawan mencoba mengejar ketertinggalan setelahnya. Mereka sanggup mengoleksi tiga angka beruntun, yang membuat selisih jarak kedua tim menjadi hanya 5 poin dengan 12-17.

Malang, tren tersebut tak bertahan lama. Timnas voli putri Thailand kembali tancap gas dengan 12-20. Tambahan angka demi angka terus dikumpulkan skuad lawan mendekati pengujung set. Dalam waktu singkat, Thailand sudah berhasil menuntaskan perlawanan Indonesia dengan 16-25.

Srikandi Merah Putih mencoba menjawab tantangan Thailand di set kedua. Namun, tim racikan Alim Suseno lagi-lagi nampak kesulitan mematahkan dominasi Thailand. Indonesia tertinggal 5-9 di permulaan duel.

Berbagai upaya coba dilakukan oleh penggawa Tanah Air untuk mengejar selisih jarak. Namun hingga pertengahan set, timnas voli putri Indonesia masih berada di posisi minor.

Pasukan Merah Putih akhirnya harus kembali mengakui keunggulan Thailand di set kedua. Megawati dan kolega dibuat tunduk dengan catatan skor 16-25.

Thailand makin berada di atas angin pada set kedua. Timnas asal negeri Gajah Putih langsung mengungguli Indonesia empat poin dengan 1-5 di awal permainan.

Tim Merah Putih belum mampu bangkit hingga kedudukan 6-14. Serangan demi serangan yang dikirim Thailand nampak sulit diantisipasi oleh anak-anak asuh Alim Suseno. Kesalahan sendiri dari kubu Tanah Air juga turut menambah perolehan poin lawan.

Penggawa Indonesia sejatinya sempat mencoba bangkit di pertengahan set. Wakil Tanah Air mengikis ketertinggalan menjadi hanya tiga poin dalam kedudukan 12-15.

Sayang, situasi ini mampu dimentahkan oleh Thailand. Atlet-atlet dari negeri Gajah Putih memastikan kemenangan di laga perdana usai memaksa Indonesia takluk 16-25.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini