Sukses

Emas SEA Games 2023 Jadi Pembuktian Timnas Hoki Indoor Indonesia Setelah Masa Kelam

Sebagian besar pemain timnas hoki indoor putra dan putri Indonesia sudah kembali ke tanah air pada Senin (8/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Hoki Indoor putra Indonesia menorehkan prestasi membanggakan di SEA Games 2023. Pada Minggu (7/5/2023), hoki indoor putra Indonesia berhasil meraih medali emas setelah meruntuhkan dominasi Malaysia.

Kesuksesan tersebut juga diikuti tim putri hoki indoor Indonesia yang membawa pulang medali perunggu dari Kamboja. Sebagian besar pemain timnas hoki indoor putra dan putri Indonesia sudah kembali ke tanah air pada Senin (8/5/2023). Beberapa pemain ada yang lanjut di Kamboja karena ikut hoki outdoor.

Para pemain hoki indoor pulang bersama timnas basket 3x3 putra. Kedatangan mereka disambut pengurus NOC Indonesia dan Kemenpora lewat upacara sederhana di Bandara Soekarno-Hatta. Para pemain mendapat karangan bunga. NOC Indonesia memang akan membuat upacara penyambutan kepulangan seluruh atlet SEA Games 2023 di Soetta.

Keberhasilan merebut medali emas di SEA Games 2023 menjadi ajang pembuktian dari hoki indoor Indonesia. Mereka sempat mengalami masa suram gagal bertanding di SEA Games 2019 Filipina. Saat itu permasalahan dualisme di federasi hoki membuat Prima Rinaldi Santoso dan kolega gagal tanding meski sudah tiba di Filipina.

Hoki indoor Indonesia akhirnya juga tidak diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Vietnam yang berlangsung tahun lalu. Prestasi hoki indoor langsung melejit begitu dikasih kesempatan pada SEA Games Kamboja.

"Rasanya bangga, sedih, campur aduk jadi satu. Alhamdulillah perjuangan kita selama empat tahun terakhir ini kita ikut kejuaraan Eropa dan Asia Cup ada hasilnya," ujar Prima usai disambut NOC Indonesia dan Kemenpora di Bandara Soetta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembuktian dengan Emas

"Ini kita membuktikan kepada pemerintah bahwa kita juga bisa bersaing untuk berprestasi, karena selama ini hoki masih kurang dilirik mungkin sama pemerintah. Dengan adanya kita mendapatkan medali emas ini, saya harap pemerintah bisa support terus ke depannya, untuk event-event selanjutnya," kata Kapten tim nasional hoki indoor putra Prima Rinaldi Santoso yang termasuk dalam skuad saat gagal main di SEA Games Filipina.

Berbekal kesuksesan luar biasa di Kamboja, Prima berharap hoki indoor akan terus mendapat dukungan dari pemerintah dan stakeholder olahraga agar bisa terus berprestasi di kancah internasional.

"Saya harap pemerintah melalui Kemenpora, NOC Indonesia dan stakeholder lainnya terus mendukung upaya kita agar bisa mengikuti kejuaraan-kejuaraan Asia, multieven lainnya hingga ke tingkat Piala Dunia," kata Prima.

3 dari 3 halaman

Harapan Hoki Indoor

Kedepannya, Prima sangat berharap hoki indoor dapat terus mendapat kesempatan try out ke Eropa lagi sehingga bisa mengasah kemampuan untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi. Try out dibutuhkan karena kompetisi hoki indoor di Indonesia belum sebanyak sepak bola maupun bola basket.

"Saya harap bisa ke Eropa lagi, karena itu sangat penting untuk bisa try out ke Eropa, karena itu bisa meningkatkan skill kita, kemampuan, dan mental kita juga," tegas Prima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.