Sukses

SEA Games 2023: Odekta Elvina Naibaho Membuktikan Masih yang Terbaik di Asia Tenggara

Odekta mempersembahkan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja, mengulang prestasinya pada ajang di Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta- Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho sukses menyumbang medali emas di SEA Games 2023 setelah menjadi yang tercepat di nomor maraton putri pada Sabtu (6/5/2023). Odekta membuktikan masih menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Odekta yang merupakan atlet binaan PORBIN (Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara), menyumbang emas ketiga bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2023. Odekta Naibaho finis catatan waktu 2 jam 48 menit 14 detik.

Dalam lomba lari maraton yang berlangsung di area situs warisan budaya Angkor Wat, Siem Reap, Odekta mendapat perlawanan sengit dari Christine Hallasgo asal Filipina. Christina berusaha memimpin sejak start tetapi Odekta dengan gigih terus menguntit.

Memasuki kilometer 25 sang pelari Indonesia melepaskan diri sendirian di depan tanpa mampu dikejar pelari Filipina. Setelah itu Odekta tak tertahan hingga garis finis untuk memastikan keping kedua emas maraton untuk Indonesia.

Odekta pun mengulang prestasi saat merebut emas di marathon putri pada SEA Games 2021. Ketika itu Odekta juga mengalahkan Christine Hallasgo. Meski cuaca panas catatan waktu Odekta lebih baik dibanding di Vietnam yang mencapai dua jam 55 menit 27 detik.

Menurut pelatih maraton Indonesia, Wita Witarsa, tekad Odekta untuk meraih emas sangat terlihat. Walaupun Odekta harus terkapar begitu melewati garis finis, salah satunya karena berlari dengan udara 37 derajat selsius. Bahkan Odekta harus diberi oksigen dan dilarikan memakai ambulan. Meski demikian, kondisi Odekta sudah sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuaca Panas

"Odekta kepanasan. Tadi memang panas sekali tapi saya terus memberi semangat agar dia bertahan dan alhamdulillah hari ini kita kawinkan emas di maraton," kata Wita Witarsa kepada awak media, Sabtu (6/5/2023).

Menurut Wita, cuaca panas menjadi salah satu yang diantisipasi oleh kontingen Indonesia, sehingga mereka memutuskan tiba di Siem Reap lebih awal untuk aklimatisasi.

"Jauh jauh hari saya sudah mengantisipasi cuaca panas ini. Makanya kami tidak mencari rekor. Yang penting emas," kata Wita.

3 dari 3 halaman

Kawinkan Emas Maraton

Di SEA Games 2023 ini, Indonesia mengawinkan medali emas di maraton. Pada sektor putra, pelari asal Indonesia Agus Prayogo menjadi yang tercepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.